KOTBAH

Ringkasan Khotbah

MAN OF VALUE
(Daniel 5: 23-28)
Man artinya manusia. Value artinya nilai, bobot atau kualitas. Jadi man of value artinya manusia yang berbobot atau berkualitas. Dalam Daniel 5: 27, firman Tuhan menyatakan di mata Tuhan, ternyata raja Belsyazar didapati terlalu ringan, tidak berbobot (Dan. 5: 27). Orang yang berbobot adalah:

1. Orang yang menghormati Tuhan.
Raja Belsyazar tidak memiliki sikap dan rasa hormat kepada Tuhan. Ia telah menggunakan segala perkakas bait suci untuk perjamuannya. Contoh lain: Musa, Imam Eli dan Raja Herodes. Seseorang dapat tidak menghormati Tuhan, karena merasa ”terlalu dekat” dengan Tuhan. Orang yang demikian biasanya merasa aman-aman saja ketika tidak menaruh hormat kepada Tuhan.

2. Orang yang berbudi luhur.
Seseorang akan didapati berbobot di mata Tuhan apabila dalam hidupnya ia selalu merancangkan hal-hal yang luhur atau yang baik dan selalu bertindak demikian (Yes. 32: 8). Rasul Petrus menegaskan bahwa yang sangat berharga di mata Tuhan ialah pada saat kita memiliki roh yang lemah lembut dan tentram (1 Pet. 3: 4).

3. Orang yang berpengaruh positif.
Orang yang berbobot ialah orang yang dapat memberikan pengaruh positif dalam lingkungannya. Bahkan kehadirannya pun memberikan dampak. Ada jenis manusia, yaitu:
a. Orang kalau dia hadir, semua senang.
b. Orang yang kalau dia hadir semua menjadi kecewa.
c. Orang yang kalau dia hadir atau dia tidak hadir, tidak ada pengaruhnya apa-apa.

Orang yang berbobot dalam pandangan Tuhan, ialah orang yang menghormati Tuhan, orang yang berbudi luhur dan orang yang berpengaruh positif. Amin


Gembala Sidang