KOTBAH

Ringkasan Khotbah

Perbuatan Tuhan yang Besar
Saat kita datang ke gereja, jangan hanya menginginkan berkat Tuhan saja melainkan kita harus dapat menyaksikan dan memberitakan perbuatan Tuhan yang besar atas hidup kita. Bila dibandingkan dengan segala kemajuan jaman pada saat ini, kita menyadari bahwa perbuatan Tuhan sangatlah besar dan layak untuk diberitakan kepada semua orang. Tiga hal mengenai perbuatan Tuhan, yaitu:

1. Perbuatan Tuhan yang besar itu diberikan untuk kita pelajari. Segala hal yang Tuhan lakukan adalah untuk kebaikan kita (Roma 8: 28). Perbuatan Tuhan yang besar atas hidup kita bukan untuk kesombongan kita melainkan untuk kita pelajari dan bagikan kepada semua orang yang ada di sekitar kita. Hal ini dapat menjadi suatu kesaksian bahwa Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang besar.

2. Perbuatan Tuhan yang besar itu diberikan kepada kita dengan tujuan untuk menjadi peringatan bagi kita. Semua yang kita alami dalam kehidupan ini adalah untuk kita ingat dan bukan dilupakan. Dengan perbuatan Tuhan yang besar atas kehidupan kita, maka kita akan selalu mengingat akan kebaikan-Nya dan kasih setia-Nya.

3. Perbuatan Tuhan yang besar itu diberikan untuk meneguhkan perjanjian-Nya. Hidup benar dan takut akan Tuhan akan membuat hidup kita diberkati. Bahkan kebutuhan kita akan senantiasa tercukupi tepat pada waktunya. Dengan perbuatan-Nya yang besar, Tuhan ingin menyatakan bahwa Dia ingat akan perjanjian-Nya selama-lamanya.

Perbuatan Tuhan yang besar diberikan untuk dapat kita pelajari, menjadi peringatan bagi kita dan untuk meneguhkan perjanjian Tuhan atas hidup kita. Arahkan fokus hidup kita hanya kepada Tuhan, carilah Tuhan senantiasa dan layanilah Tuhan dengan sungguh-sungguh, maka kita akan selalu menyaksikan perbuatan Tuhan yang besar atas hidup kita. Amin(Mazmur 111: 1-6)

(By. Pdt. Henoch Wilianto H.)
.
By: Pdt. Irvino Pangky - Minggu, 09 Agust 2009