Ringkasan Khotbah Minggu, 06 Maret 2011

THE NEXT LEVEL
(Filipi 3: 10-14)

Rasul Paulus tidak puas dengan level di mana ia berada sekarang ini, ia ingin berkembang, dan maju lebih lagi secara rohani. Orang yang berbakti di gereja belum tentu level rohaninya sama. Setiap orang pasti punya yang namanya The Next Level (tingkat lanjutan). Di dunia rohani tidak ada yang namanya sudah paling tinggi, atau sempurna. Selama kita masih hidup tidak pernah ada kata sempurna, sempurna bisa dicapai kalau orang itu ada dalam sebuah kotak dua kali satu, lalu di tutup dan dikubur. Selama kita hidup terus ada level di atas kita yang namanya The Next level. Orang yang baru bertobat seringkali pertumbuhan rohaninya sangat cepat dari pada yang lama. Bagaimana cara bertumbuh secara rohani:

1. Jangan pernah berpikir bahwa kita sudah sempurna/kepuasan (ay.12). Khusus pertumbuhan rohani jangan pernah ada kata puas, sebab orang yang puas berhenti berusaha. Dua hal yang dapat menyebabkan seseorang tidak bisa bertumbuh, yaitu: menganggap dirinya lebih rohani, sehingga tidak perlu bertumbuh lagi dengan cara belajar terus menerus dan merasa frustasi karena tidak bisa maju atau tidak tahu cara untuk maju.

2. Perlu pengorbanan, atau usaha yang harus dibayar (ay.13-14). Melupakan apa yang ada di belakang, seperti kehebatan, prestasi rohani yang sudah dicapai, sehingga orang tidak pernah puas untuk melakukannya lagi. Serta mengarahkan diri kepada apa yang dihadapan kita dengan fokus, berlari-lari kepada tujuan atau mencapai target untuk dekat dengan hadirat Tuhan. Kita harus menjadi seseorang yang berani membayar harga seperti Daud (2 Sam. 16: 11-13).

3. Hadirat Tuhan (2 Sam. 6: 11-12). Pernahkan kita memberi perhatian bahwa di rumah perlu ada hadirat Tuhan. Dimana saja perlu hadirat Tuhan, sebab kalau hadirat Tuhan itu ada di hidup kita pasti otomatis kita diberkati Tuhan. Hadirat Tuhan kita dapati ketika kita dekat dengan Tuhan dengan cara bersekutu, berdoa, baca firman Tuhan, dan memuji Tuhan setiap saat.

By: Pdt. Henoch Wilianto - Minggu, 06 Maret 2011