Ringkasan Khotbah Minggu, 09 Januari 2011

Baik, Setia dan Bertanggung jawab
(Matius 25 : 21, 23)

Tuhan Yesus memberikan sebuah perumpamaan kepada murid-murid mengenai kepercayaan yang Tuhan berikan kepada orang-orang yang menjadi hamba-hamba-Nya. Apa saja di dalam dunia ini yang menentukan untuk memperoleh sesuatu, haruslah memenuhi syarat yaitu: baik, setia, bertanggung jawab. Jika ada syarat yang lain boleh-boleh saja. Tetapi hal itu tidak mendasar dalam menentukan semuanya itu. Ada tiga berkat yang dijanjikan bagi seseorang yang melakukan pekerjaannya dengan baik, setia dan bertanggungjawab, yaitu:
1. Berkat pujian dari Tuhan. Kita dipuji Tuhan oleh karena kita berkerja baik, setia dan bertanggung jawab.
2. Berkat promosi dari Tuhan dalam pekerjaan. Jika di tahun ini kita mau meningkat kita harus baik, setia dan bertanggung jawab dalam pekerjaan.
3. Diberikan tinggal bersama Tuhan, tidak pernah ada air mata, kesusahan, sebab sorga yang mulia disediakan untuk orang yang baik, setia dan bertanggung jawab.

Bidang apa saja kita harus baik, setia dan bertanggung jawab?
1. Pekerjaan. Jika ada orang yang bekerja selalu pindah-pindah maka orang itu tidak setia dalam pekerjaannya. Bagaimana bisa bekerja mau meningkat jika tidak setia, tanggung jawab dan bekerja dengan baik. Daud dipilih Tuhan karena hatinya untuk mengembalakan umat Israel, tetapi Tuhan juga melihat potensi yang ada pada Daud (1 Sam. 17: 34-36). Tidak ada orang kaya tiba-tiba menjadi kaya, tetapi orang bisa kaya karena ada potensi yang dimilikinya baik, setia dan bertanggung jawab.
2. Keuangan (Luk. 16: 10,11). Jika kita tidak bisa setia dalam hal keuangan, siapa yang akan mempercayakan harta yang sesungguhnya. orang kalau mau meningkat kehidupannya harus setia, dan bertanggung jawab dalam keuangan. Apakah kita sudah bayar persepuluhan? Waktu dapat gaji apakah kita gunakan dengan baik, setia dan bertanggung jawab dalam pengeluaran.
3. Setia dalam harta orang lain (Luk. 16: 12). Setia dan bertanggung jawab dalam hal harta orang lain salah satunya, ialah apakah rumah kontrakan, sepeda motor kantor kita jaga dan rawat dengan baik. Jika perbuatan ini dilakukan ini merupakan baik, setia dan bertanggung jawab, maka Tuhan akan memberikan kepada kita harta, sebab kita menjaga dengan baik, setia dan bertanggung jawab.

By: Gembala Sidang -- Minggu, 09 Januari 2011