Ringkasan Khotbah Minggu, 05 Juni 2011

Pertumbuhan Rohani
(Ibrani 5: 11-14)

Tuhan ingin kita bertumbuh. Bertumbuh dalam segala hal, rohani dan jasmani. Pertumbuhan bukanlah pilihan, pertumbuhan adalah kewajiban. Pertumbuhan adalah keharusan. Tuhan ingin kita maju. Tuhan ingin kita berkembang. Tuhan ingin kita bermultiplikasi. Bertumbuh itu sifatnya progresiv, makin bertambah waktu makin bertambah. Kehidupan Kristen dirancang untuk kehidupan progresiv. Ada 3 penghalang utama orang untuk bertumbuh, berkembang dan maju, yaitu:
1. Telah lamban dalam hal mendengarkan (ay. 11). Orang tidak berkembang karena dia malas. Orang malas rohaninya tidak maju. Ekonominya tidak akan maju. Salomo berkata: Belajarlah dari semut. Ada pemikiran yang aneh: kalau orang kerja keras dipikir kena kutuk. Banyak orang ingin hidup santai tapi yang bisa maju di sana-sini. Apakah ini mungkin? Kita harus rajin, kita harus kerja keras. Karena tangan orang rajin menjadikan kaya (Ams. 10: 4), sebaliknya kemalasan mengakibatkan kerja paksa (Ams. 12:24). Jadi jika kamu ingin maju, kamu harus rajin. Kalau tokomu mau maju, kamu harus kerja keras. Kalau studimu mau maju, kita harus belajar lebih giat. Kalau rohanimu mau maju harus lebih banyak berdoa, membaca dan mendengarkan Firman Tuhan.

2. Ia adalah anak kecil (Ay. 12-13). Kemapanan / kenyamanan: ingin jadi bayi terus, tidak beranjak menjadi dewasa, inginnya dilayani terus. Akhirnya atau ujung-ujungnya tidak mau bertumbuh. Ciri-ciri bayi: terus menerus dilayani, tidak bisa apa-apa, tidak bisa melayani dirinya sendiri apalagi orang lain, sukanya makanan yang encer, yang ringan-ringan, akibatnya tidak kuat. Segala suatu terjadi panggil pendeta. tidak mandiri, serba tidak bisa apa-apa. Hanya orang dewasa yang bisa dipakai dalam pelayanan. Orang tidak bisa maju kalau tidak mau berubah! Kita harus kerja keras, supaya hidup kita berubah! Mengubah kebiasaan itu tidak mudah! Tetapi kalau kita tidak mau berubah maka kita tidak akan pernah maju.
3. Tidak pernah melatih diri (Ay. 14). Kita harus improve, meng-upgrade diri. Latihlah dirimu beribadah (1 Tim. 4: 7b). Dalam penelitian di Amerika mengenai penggunaan waktu dalam hidup: untuk tidur, kerja/belajar, berlibur, nonton TV menghabiskan lebih banyak waktu daripada untuk beribadah. Menurut survei waktu untuk beribadah hanya 0,07% saja. Di Korea, jam 5 pagi semua orang percaya pergi ke gereja dan berdoa sekalipun pada saat itu musim dingin (winter). Untuk bisa berdoa pagi harus dilatih supaya bisa melakukannya. Dengan demikian hidup kita bertumbuh dalam hal rohani. Jadi latihlah dirimu, improve-lah dirimu.

Tiga hal di atas perlu kita waspadai agar kehidupan rohani kita dapat mengalami pertumbuhan. Amin

By: Gembala Sidang - Minggu, 05 Juni 2011