KHOTBAH

RAHASIA KEBERHASILAN
KEJADIAN 39:1-10


Apakah rahasia Yusuf menjadi orang yang berhasil? Bagaimana cara Yusuf mengatasi masalah dalam hidupnya? Ada tiga “T” rahasia keberhasilan Yusuf dalam mengatasi masalah, yaitu:

1. Tangguh
Orang kristen seringkali tidak tangguh karena imannya tidak dilaksanakan sungguh-sungguh. Yusuf adalah seorang yang tangguh, walaupun ia mengalami jatuh bangun dalam kehidupannya. Orang kristen yang tangguh seperti bola ping pong. Semakin jatuh, melambungnya akan semakin tinggi. Selain tangguh, Yusuf juga selalu berpikir positif sehingga ia dapat mengatasi semua masalahnya. Kalau kita tidak pernah jatuh, kita tidak akan pernah bangkit. Bagaimana kita bisa bersaksi tentang kedahsyatan Tuhan, apabila kita tidak pernah mengalami masalah?

2. Tanggung jawab
Yusuf selalu mengerjakan pekerjaannya dengan tanggung jawab. Ia selalu menyelesaikan dengan baik sehingga atasannya menaruh perhatian kepadanya. Orang Kristen memiliki 2 tanggung jawab; tanggung jawab kepada Tuhan dan tanggung jawab terhadap sesama. Tuhan memerintahkan kita untuk mengabarkan Kristus kepada orang lain dan itu merupakan tanggung jawab kita terhadap Tuhan. Apabila kita bertanggung jawab maka apapun posisi kita dan apapun yang kita perbuat, kita akan lakukan dengan baik. Tuhan pun sebagai “atasan” kita akan menaruh perhatian terhadap kita.

3. Teguh
Seringkali ketika kita sudah ditolong Tuhan dari kesulitan, kita terlena dengan kenyamanan. Kita mulai kendor dan kurang sungguh-sungguh. Kita tidak teguh lagi melakukan perintah Tuhan. Berbeda dengan Yusuf yang sekalipun memiliki kuasa dan kesempatan, berani menolak godaan istri Potifar. Ia tetap teguh melakukan apa yang benar di mata Tuhan. Bahkan ia dijebloskan dalam penjara meninggalkan semua kenyamanan di rumah Potifar. Namun dari situlah Tuhan mengangkat ia lebih tinggi lagi. Tuhan tidak akan mengangkat kita naik apabila kita tidak teguh. Lakukan 3T maka Allah akan mengangkat kita lebih tinggi lagi. Amin

By. Pdt. Djinarko Andrew - Minggu, 9 Maret 2008