RH 22 April 2008

TETANGGA YANG BAIK(LUKAS 10:25-37)
Melalui kisah tentang orang Samaria yang murah hati, Yesus menyatakan supaya kita menganggap semua orang yang kita temui sebagai sesama manusia dan menolong mereka saat mereka membutuhkan. Saya menerima tanggung jawab ini dengan sungguh-sungguh, tetapi terkadang saya gagal—seperti yang saya alami baru-baru ini. Di depan sebuah restauran, seorang laki-laki muda meminta pertolongan saya. Ia dan istrinya berada hampir 500 km jauhnya dari rumah dan telah kehabisan uang untuk memperbaiki radiator mobil. Dengan sopan saya katakan bahwa saya tidak memiliki uang untuk dipinjamkan. Saya berkata jujur, namun sebenarnya saya membawa buku cek dan sebuah kartu kredit sehingga bisa saja saya memberi sedikit uang dan mengatakan tentang kasih Kristus kepada mereka—tetapi saya tidak melakukannya.

Saya mencoba menenangkan suara hati saya dengan berkata kepada diri sendiri bahwa saya tidak dapat menolong setiap orang, atau orang muda itu tidak seharusnya meninggalkan rumah dengan uang yang sedikit. Namun saya tahu bahwa saya sedang mencari-cari alasan. Dalam hal ini saya telah kehilangan kesempatan untuk menolong.