RH KAMIS, 28 Agustus 2008

Bacaan Setahun: Yeh. 1-3; Why. 2
MEMANGGIL DENGAN NAMA KECIL (Yohanes 10:1-16)

Ketika saya mengunjungi Gereja Presbiterian Korea di Baltimore, saya mengamati bahwa orang jarang memanggil orang lain dengan nama kecil mereka. Mereka saling memanggil secara formal dengan sebutan Bapak Kim, Bapak Pyen, Ibu Hugh. Pada suatu hari saya bertanya kepada Bapak Pyen tentang kebiasaan ini. Ia menjelaskan, "Kita boleh memanggil orang lain dengan nama kecil hanya jika kita telah akrab dengan orang itu." Mungkin itulah sebabnya mengapa tanggapan saya agak negatif ketika ketua sebuah organisasi keagamaan menulis kepada saya untuk minta sumbangan keuangan. Ia mulai dengan sapaan "Dennis yang baik" dan menandatangani surat itu dengan, "Bob." Ini adalah surat resmi yang ditulis seperti surat pribadi.

Demikian pula, ketika Yesus meminta kita untuk mengikut Dia dan taat kepada-Nya, panggilan-Nya disertai dengan janji bahwa Dia akan memberi perlindungan, bimbingan, makanan dan istirahat yang kita butuhkan dalam hidup kita. Panggilan-Nya sesuai dengan kebutuhan kita, karena Dia sangat mengenal kita. Dia memanggil kita berdasarkan nama kecil kita.