RH SENIN, 27 Okto 2008

Bacaan Setahun: Ayb. 18; Mzm. 114; Kis. 27, 28
TOMAS YANG KURANG PEKA (Yohanes 20:24-29)
Seorang petobat baru merasakan sukacita mendalam karena mengalamijawaban atas doanya. Ia bercerita pada pendetanya, "Ban mobil saya kempes dan dongkrak saya tidak dapat berfungsi dengan baik. Kemudian saya berdoa agar seseorang berhenti untuk menolong saya. Dalam sekejap, seorang pria datang dan menolong saya." Pendeta itu menjawab, "Jangan terlalu bergembira. Orang itu mungkin saja tetap berhenti walaupun Anda tidak berdoa!"

Murid-murid Tuhan Yesus bergembira. Mereka telah berbicara dengan Tuhan yang sudah bangkit dan dipenuhi oleh sukacita dan rasa percaya diri. Namun Tomas, tidak percaya. Ya, itu memang berita yang sangat mengejutkan. Sekalipun demikian, Tomas menyatakan ketidakpercayaannya tanpa berpikir panjang, dan saya rasa ini mungkin telah mengurangi rasa sukacita murid-murid lainnya. Tuhan, tolong kami untuk dapat menanggapi dengan kata-kata yang baik dan peka terhadap orang lain—meskipun kami masih ragu.