KOTBAH

HADIRAT TUHAN
(Mazmur 139:7-12)

Tuhan ada dimana saja. Diman pun kita berada, di situ Tuhan juga ada. Hal ini menandakan bahwa Tuhan itu maha hadir. Kehadiran Tuhan tidak dibatasi oleh waktu, tempat dan keadaan kita. Tuhan ada dimana-mana tetapi tidak semua orang dapat bertemu dengan Tuhan. Banyak orang datang ke gereja tetapi belum tentu mereka bertemu dan merasakan kehadiran Tuhan. Apabila seseorang bertemu dengan Tuhan maka hidup orang tersebut akan mengalami perubahan. Kehadiran Tuhan ada 2, yaitu kehadiran Tuhan yang tidak kelihatan dan kehadiran Tuhan yang dapat dilihat dan dirasakan. Kehadiran Tuhan yang dapat dilihat dan dirasakan oleh semua orang disebut Shekinah Glory. Bangsa Israel telah melihat Shekinah Grory ini pada saat mereka berada di gunung Sinai. Dalam pemandangan bangsa Israel, kehadiran Allah nyata seperti api yang menghanguskan (Kel. 24: 17).

Tuhan memerintahkan untuk setiap orang mencari wajah Tuhan. Kita tidak dapat melihat dan merasakan keberadaan Tuhan secara langsung. Apabila seseorang dapat melihat dan merasakan kehadiran Tuhan secara langsung, maka semua itu adalah kasih karunia. Seseorang dapat bertemu Tuhan dan merasakan kehadiran-Nya, apabila orang tersebut memiliki kerinduan untuk bertemu dengan Tuhan dan orang tersebut suci hatinya (Mat. 5: 8). Tuhan pun akan menampakkan diri-Nya sesuai dengan kapasitas orang tersebut.

Musa adalah salah seorang yang merindukan Allah, bahkan ia meminta Allah mau memperlihatkan kemuliaan-Nya kepada dia (Kel. 33: 18-20). Tetapi Tuhan berkata bahwa tidak ada seorang pun yang telah melihat Allah dapat bertahan hidup. Tidak semua orang memiliki kerinduan untuk dapat melihat Tuhan seperti Musa (Kel. 20: 18-21). Musa berani bayar harga untuk dapat bertemu dengan Tuhan. Tuhan mencari orang-orang yang memiliki kerinduan untuk mencari Allah dan mau membayar harganya. Tuhan tidak akan membinasakan orang-orang yang merindukan hadirat-Nya. Kalau Tuhan hadir di tengah umat-Nya maka kemuliaan Allah akan dinyatakan.

Berapa waktu yang telah kita gunakan untuk mencari Tuhan. Adakah kita memiliki kerinduan akan hadirat Tuhan seperti Musa? Gunakan waktu kita untuk memiliki kerinduan mencari Tuhan. Sekalipun Tuhan ada dimana-mana, Tuhan membatasi diri-Nya untuk ditemui. Tuhan mencari orang-orang yang hatinya memiliki kerinduan akan Dia. Di dalam kerinduan akan hadirat Tuhan ada sukacita senantiasa. Amin

Berbahagialah orang yang suci hatinya,
karena mereka akan melihat Allah.

.By: Gembala Sidang - Minggu, 01 Februari 2009