KOTBAH

JANGAN TAKUT
(Wahyu 1: 17-20)

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di tahun ini. Tetapi yang perlu kita ketahui bahwa Tuhan akan selalu beserta kita. Yesus mengatakan, “Jangan takut. Akulah Yang Awal dan Yang Akhir”. Ungkapan Yang Awal (Alfa) dan Yang Akhir (Omega) dalam kitab Wahyu ini disebutkan sebanyak 4 kali. Dua kali ditujukan kepada Bapa (Why. 1: 8; 21: 6) dan dua kali ditujukan kepada Yesus (Why. 1: 17; 22: 13). Tiga alasan mengapa kita tidak perlu takut, yaitu:

1. Karena Yesus telah mengalahkan maut (Why. 1: 17-18). Ketakutan terbesar manusia adalah takut mati. Tetapi Yesus mengatakan jangan takut sebab kunci maut dan kerajaan maut ada di tangan-Nya (ay. 18). Kata-kata kunci maut dan kerajaan maut adalah sebuah penekanan. Kalau Yesus memegang kunci maut dan kerajaan maut, maka kita tidak perlu menjadi takut terhadap kematian. Kapan waktunya dan dengan cara apa kita mati tidaklah menjadi sesuatu yang penting.

2. Karena Yesus mengontrol seluruh sejarah (Why. 1: 8). Di hadapan Allah yang ada, yang sudah ada dan yang akan ada berada di satu titik. Setiap hal yang terjadi di muka bumi ini atas kontrol Allah. Tuhan mengetahui apa yang telah terjadi dan bukan hanya melihat saja. Tuhan tahu semuanya karena Tuhan yang menetapkan semuanya. Kita tidak perlu takut akan masa kini kita maupun masa depan kita karena semua atas kontrol Yesus.

3. Karena Yesus menyertai kita (Why. 1: 20, 12, 13, 16). Kaki dian berbicara tentang jemaat. Bintang berbicara tentang malaikat ketujuh jemaat atau mengarah kepada hamba Tuhan. Kalau Tuhan berdiri di tengah-tengah jemaat maka Tuhan akan senantiasa menyertai jemaat. Kalau Yesus ada menyertai kita maka kita tidak perlu takut.

Kita tidak perlu tahu kemana kita akan pergi tetapi bersama siapa kita akan pergi itu yang penting. Apabila kita melangkah bersama Yesus maka kita tidak perlu takut menghadapi apa pun. Amin

By: Pdt. Yakub Trihandoko - Minggu 31 Januari 2010