KOTBAH

Kekuatan Pikiran
(Lukas 18: 10-14)

Segala sesuatu tidak kelihatan sebagaimana adanya. Pada dasarnya otak kita sering dikuasai pikiran negatif. Begitu kita melihat suatu fenomena, hal-hal yang negatiflah yang muncul. Ada 3 hal penting tentang kekuatan pikiran:

1. You do what you think (Anda melakukan apa yang Anda pikirkan). Kalau kita berpikir negatif terhadap seseorang atau sesuatu, tindakan kita pun cenderung negatif. Sebaliknya, jika kita berpikir positif terhadap seseorang atau suatu keadaan, kita akan berperilaku dan bersikap positif. Karena kita memang akan melakukan apa yang kita pikirkan.
2. You get what you think (Anda mendapatkan apa yang Anda pikirkan). Ada suatu istilah dalam dunia komputer, yaitu GIGO = Garbage In Garbage Out artinya Jika sampah yang masuk, maka sampah pula yang keluar. Nasehat Firman Tuhan dalam Filipi 4: 8 yaitu pikirkanlah perkara-perkara yang baik. Berpikirlah besar supaya menjadi orang besar. Tetapi jangan menjadi sombong dengan apa yang kita pikirkan, karena orang sombong adalah musuh Tuhan. D. L. Moody pernah berkata: “Allah tidak pernah menyuruh pergi seseorang tanpa membawa sesuatu, kecuali orang itu menyombongkan diri.

3. You are what you think (Anda adalah apa yang Anda pikirkan). Seorang pakar pernah berkata, ”Jika kitamenabur dalam pikiran, kita akan menuai perbuatan. Jika kita menabur perbuatan, kita akan menuai kebiasaan. Jika kita menabur kebiasaan, kita akan menuai karakter.” Nah, apa jadinya jika yang kita tabur adalah pikiran yang buruk, maka karakter kita pun akan memburuk. Jadi, hati-hati dengan apa yang anda pikirkan.

Ketiga hal penting tersebut dapat menentukan apa yang akan kita peroleh di dalam kehidupan ini. Amin

Pdt. Henoch Wilianto - 20 Desember 2009