Ringkasan Khotbah Minggu, 13 Februari 2011

Hidup Dalam Berkat
(Yohanes 10: 10b)

Berkat bukan saja berbicara uang, tetapi damai sejahtera, bahagia dan sukacita. Di tengah-tengah persoalan dan pergumulan kita, Tuhan tetap memelihara dan memberikan jalan keluar kepada kita. Bagaimana Tuhan tetap memberkati kita:
1. Tuhan memberikan kemampuan untuk mengelola kekayaan (uang) dengan baik (Ul. 8: 18). Tidak semua orang bisa mengelola, untuk itu Tuhan mempersiapkan kita supaya kita bisa mengelola keuangan kita. Kita hidup butuh uang dan apa yang kita peroleh tentunya membutuhkan uang, jadi kita harus mampu mengelola kekayaan (uang) kita. Maka untuk menjadi kaya butuh kemampuan yang dari Tuhan dan itu dapat diperoleh melalui hidup yang dekat dengan Tuhan.
2. Tuhan memberikan kemampuan untuk menghadapi masalah. Setiap orang mempunyai porsi masalah yang berbeda dan Tuhan sanggup memberikan kekuatan kepada kita (2 Kor. 4: 7-9). Manusia hidup seringkali dikecewakan, disakiti, tetapi jika kita mampu menghadapinya itu berarti memiliki harta berkat Tuhan, yaitu mampu menghadapi setiap masalah.

Bagaimana cara menghadapi masalah:
1. Utamakan Tuhan (Mat. 6: 33). Kita hidup harus utamakan Tuhan sebab semuanya datang dari Tuhan. Kita bisa mampu itu karena kita mengutamakan Tuhan.
2. Taat Firman (Ul. 28: 1,2). Kita hidup harus mentaati firman, atau mendengarkan firman Tuhan (1 Sam. 15: 22). Ketaatan jauh lebih baik dari pada korban yang ada. Ketaatan menjadi bagian penting dalam hidup kita. Dengan kita taat itu memberikan berkat bagi kehidupan kita.
3. Suka memberi (Kis. 20: 35). Mengapa suka memberi membuat pintu surga terbuka dan hidup berkelimpahan, karena pada waktu kita memberi, Tuhan akan menggantinya dengan sesuatu yang kita tidak bisa beri, yaitu: kebahagiaan. Inilah cara supaya kita bisa bahagia di dunia ini.

By: Pdt. Isaac S. Latief -- Minggu, 13 Februari 2011