Artikel

Jangan Menyerah

Kebanyakan orang mengetahui bahwa Alexander Graham Bell menemukan telepon. Tetapi yang tidak terlalu diketahui secara luas adalah, bahwa lama sebelum penemuan Bell yang mengubah dunia itu diumumkan, seorang guru sekolah Jerman bernama Reis hampir-hampir membuat pesawat telepon itu. Hanya dengan penyesuai sedikit saja, nama yang kita asosiasikan dengan pesawat telepon itu bisa saja Reis!


Telepon tuan Reis sanggup meneruskan suara siul serta dengung, tetapi tidak sanggup meneruskan ucapan manusia. Ada sesuatu yang tampaknya kurang. Bertahun-tahun kemudian, Bell menemukan kesalahan Reis. Setelan baut kecil yang mengendalikan elektrode-elektrodenya meleset seperseribu inci saja. Ketika Bell membuat modifikasi kecil ini, ia sanggup meneruskan suara manusia, keras dan jelas! Jarak yang demikian sepele ini -yang bahkan sulit dihitung ini- membuat perbedaan antara sukses dan kegagalan.

Hari ini telepon merupakan kebutuhan mutlak bagi setiap orang. Tidak banyak penemuan dalam sejarah modern yang demikian luas dampaknya. Sistem Bell Labs dan Bell Telephone adalah badan usaha yang dikenal luas. Jadi janganlah melewatkan penyesuaian-penyesuian kecil yang mungkin perlu Anda lakukan delam perjalanan menuju sukses. Dan jangan menyerah. Kejarlah terus sasaran Anda hingga Anda sukses.