RH SABTU, 6 Sept 2008

Bacaan Setahun: Yeh. 29-32; Why. 11
"SAYA IKUT MENDERITA" (1Korintus 12:12-27)

Ketika anak-anak saya masih kecil, salah seorang di antaranya pernah terantuk jari kakinya sendiri sehingga ia menyeringai karena nyeri. Memang saya tidak merasakan sakit secara fisik, namun saya dapat merasakan penderitaan yang dialaminya. Ingin rasanya dapat memindahkan sakit yang ia rasakan ke tubuh saya sendiri. Rasul Paulus berkata bahwa semua orang percaya dalam Kristus merupakan bagian dari "satu tubuh" dan jika satu anggota menderita, "semua anggota turut menderita".

Apakah Anda ikut berduka bila seorang saudara dalam Kristus berada dalam kesulitan? Apakah Anda ikut risau bila seorang percaya jatuh ke dalam dosa dan dibawa ke dalam tangan hukuman Tuhan? Apakah hati Anda sedih bila seorang anak Tuhan berjalan dalam lautan penindasan dan pencobaan? Jika tidak, saat ini juga, mintalah kepada Tuhan untuk membantu Anda menjadi orang yang dapat berbagi perasaan dengan orang lain dan bersimpati terhadap mereka.