KHOTBAH


IMAN MENDATANGKAN
KUASA ALLAH

(Matius 15:21-28)


Kuasa Tuhan masih terus ada hingga saat ini. Tiga hal yang harus ada dalam iman yang mendatangkan kuasa Allah, yaitu:
1. Penyerahan total kepada kedaulatan Allah (ay. 23).
Sikap kita menentukan iman kita. Seperti wanita kanaan ini yang menyerah kepada kedaulatan Allah. Pada saat ia datang kepada Yesus, sikap yang ditunjukkan oleh Yesus adalah diam. Ketika kita memiliki masalah dan berdoa serta berseru kepada Tuhan, adakalanya Tuhan diam dan kita tidak dapat protes. Kita tidak dapat protes karena Tuhan memiliki kedaulatan yang penuh atas hidup kita. Diamnya Tuhan dengan tujuan untuk mendidik kita agar tidak mudah putus asa dalam menghadapi masalah dan akhirnya mundur dari Tuhan. Iman yang tetap mempercayai Tuhan sekalipun Tuhan diam ini akan mendatangkan kuasa Allah.
2. Fokus kepada Pribadi Yesus (ay. 25).
Fokus kepada hal yang benar akan mempengaruhi hasil yang dapat dicapai. Dalam seluruh aspek kehidupan kita, kalau kita fokus kepada Yesus maka kita tidak akan mudah menyerah walaupun banyak tantangan yang dihadapi. Demikian juga halnya dengan kehidupan bergereja. Pada saat kita pergi ke gereja atau pun pelayanan belum tentu kita dapat menjumpai teman yang cocok. Tetapi kalau kita tetap fokus kepada Yesus maka kita tidak akan mudah untuk berhenti atau pun pindah gereja apabila mengalami gesekan dengan yang lainnya.
3. Memiliki cara pandang yang positif (ay. 26-27).
Kata namun adalah kata kunci untuk dapat keluar dari situasi yang sulit. Situasi atau keadaan di sekeliling kita boleh bertambah sulit tetapi bagaimana kemampuan kita memandang secara positif kepada berkat dan penyertaan Tuhan akan mempengaruhi kehidupan kita. Pada saat-saat ini kita hidup di dalam situasi-situasi yang sulit dan menekan, kita harus mempercayai Allah dengan cara pandang yang positif karena kita mempunyai Firman Allah.
Sekalipun Allah diam pada saat kita berada di situasi yang sulit, kita harus tetap percaya kepada kedaulatan Allah atas hidup kita, tetap fokus pada-Nya serta terus memiliki cara pandang yang positif. Maka kita akan dapat melihat kuasa Allah dinyatakan atas hidup kita. Amin

By: Pdt. Heruyono - Minggu, 14 September 2008