RH JUMAT, 27 Feb 2009

Bacaan Setahun: Bil. 21-23; Mrk. 6,7
BAGIANNYA DAN BAGIAN KITA (Yosua 1:1-9)

Pada saat Tuhan memberi kita tugas yang berat untuk dilakukan, Dia selalu memberi apa yang kita butuhkan untuk menunaikannya. John Wesley menulis, "Di tengah-tengah berbagai kesulitan yang menghadang pada awal pelayanan kami, kakak saya, Charles, sering berkata, ‘Jika Tuhan memberi saya sayap, saya akan terbang.’ Dan saya biasanya menjawab, ‘Jika Tuhan meminta saya terbang, saya percaya bahwa Dia akan memberi saya sayap.’"

Bacaan Alkitab hari ini mengatakan bahwa Yosua ditempatkan pada posisi dengan tanggung jawab yang besar. Tantangan-tantangan besar yang telah dialaminya sebelumnya, membuatnya gentar. Bagaimana mungkin ia dapat menggantikan Musa, sang pemimpin yang besar? Dengan kekuatannya sendiri, tidak mungkin baginya untuk memimpin bangsa Israel menuju Tanah Perjanjian. Namun selama memimpin perjalanan itu, Tuhan memberi jaminan kepada Yosua. Jika Allah telah memberi kita beberapa pelayanan istimewa yang harus dikerjakan dan itu membuat kita takut, adalah menjadi tanggung jawab kita untuk melaluinya. Bersandarlah pada Tuhan untuk menyelesaikannya. Lakukanlah bagian kita dengan setia dan Dia akan melakukan bagian-Nya.