Ringkasan Khotbah Minggu, 24 Oktober ‘10

PERSEPULUHAN
(Kejadian 14: 17-20)


Persepuluhan pertama dilakukan oleh Abraham -- 480 tahun sebelum Taurat diberikan. Abraham melakukan persepuluhan tanpa diperintah atau ada dasar hukum ia melakukannya, akan tetapi ia melakukannya dengan sukarela dan sukacita. Persepuluhan yang dilakukan seseorang biasanya sebagai satu ketaatan terhadap perintah atau aturan-aturan hukum yang ada (Mal. 3: 10,11). Tiga alasan yang membuat Abraham memberikan persepuluhan dengan sukarela dan sukacita, yaitu:
1. Abraham menghormati Tuhan. Ini sebenarnya adalah sebuah ungkapan penghormatan kepada Tuhan yang diwujudkan dengan pemberian persepuluhan. Seperti seseorang yang memberikan penghargaan kepada seseorang yang dihormati dan layak menerima sebuah pemberian. Ini hal yang biasa. Begitu juga dengan memberikan persepuluhan kepada Tuhan adalah hal yang biasa karena kita menghormati Tuhan yang sudah memberikan kita hidup, memelihara, dan menyertai kita.
2. Abraham mengakui kebesaran Tuhan. Dalam kehidupan Abraham ada banyak campur tangan Tuhan oleh karena semua yang ia miliki bukan karena ia bisa, tetapi karena Tuhan yang selalu menolong. Ini menjadi sebuah pengakuan bahwa Tuhan yang ia sembah adalah Tuhan yang luar biasa kebesaran-Nya. Abraham memberikan persepuluhan sebab kebesaran Tuhan yang sudah ia alami dalam kehidupannya. Begitu juga dengan kita, kalau bukan Tuhan kita tidak bisa hidup sampai sekarang.
3. Abraham membangun keturunan yang diberkati. Pada waktu Abraham memberikan persepuluhan, sebetulnya tanpa disadari Abraham sedang membangun keturunan yang akan diberkati Tuhan. Dari perjalanan bangsa Israel ada banyak keturunannya yang menjadi 12 suku Israel diberkati Tuhan di mana keturunannya menempati sebuat daerah. Sesungguhnya jika persepuluhan kita lakukan sudah tentu tanpa kita sadari, kita sedang membangun keturunan-keturunan yang diberkati oleh Tuhan. Sebab itu persepuluhan dilakukan berdasarkan rasa cinta kepada Tuhan bukan karena kewajiban dan takut dan itu menjadi kebutuhan (Mat. 23: 23).

Marilah kita sadari bahwa persepuluhan kepada Tuhan itu adalah baik karena kita memberi dengan hati sukarela dan sukacita, bukan dengan kewajiban ataupun takut kepada Tuhan. Amin

By: Pdt. Gideon L.S - Minggu, 24 Oktober ‘10