Ringkasan Khotbah Minggu, 19 Juni 2011

Tiga Tingkat Iman

1. TIDAK PUNYA IMAN (Mrk. 4: 37-40). Ada 3 tingkat iman yang disebutkan Tuhan Yesus. Tingkat pertama yang paling rendah adalah tidak punya iman. Orang yang tidak punya iman mempercayai bahwa Tuhan tidak peduli. Mungkin Anda berada dalam badai hari ini dan menurut Anda tampaknya Tuhan seperti sedang tertidur, tidak peduli, dan Tuhan sangat jauh. Percayalah Dia sangat mengasihi kita, bahkan hal-hal terkecil dalam hidupmu. Firman Tuhan mengatakan, "Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu." (1 Ptr. 5: 7)

2. IMAN YANG KURANG (Mat. 6: 30-34). Tingkat kedua adalah iman yang kurang. Iman yang kurang adalah iman yang khawatir. Iman yang sibuk dengan kekurangannya dan bukan iman yang sibuk dengan Tuhan. Orang dengan iman yang kurang mempercayai bahwa Tuhan peduli. Tetapi konsentrasinya hanya kepada kebutuhannya sendiri. Itu adalah hal yang wajar, tetapi Allah Bapa tahu kita membutuhkan semuanya itu. Jadi, daripada berfokus pada kekurangan saja lalu khawatir tentang hari esok, mulailah fokus kepada Tuhan. Arahkanlah fokus kita pada kasih dan pemeliharaan Tuhan.

3. IMAN YANG BESAR (Mat. 8: 5-8, 10). Tingkat iman yang ketiga adalah iman yang besar. Iman yang besar mengatakan bahwa Firman Tuhan adalah semua bukti yang dibutuhkan, tidak peduli apa yang dikatakan oleh situasi dan kondisi.

Apa yang dapat membuat iman bertumbuh?
1. FIRMAN TUHAN (Rm. 10: 17). Iman bisa bertumbuh dengan mendengarkan Firman Tuhan. Alkitab (Firman Tuhan) adalah makanan bagi iman. Saat kita mengkonsumsi Firman Tuhan, iman kita menjadi kuat. Iman akan terbangun secara otomatis ketika kita mengkonsumsi Firman Allah. Mulailah banyak mengkonsumsi Firman Tuhan! Setiap hari, secara teratur!
2. TUHAN YESUS (Ibr. 12: 1-2). Tuhan Yesus juga membantu kita mengembangkan iman. Kita harus membangun hubungan dengan Tuhan Yesus. Luangkan waktu mulai sekarang. Setiap saat, secara teratur!
3. PERGUMULAN KEHIDUPAN (1 Tim. 6: 12). Tidak cukup hanya dengan mendengarkan kaset/CD pengajaran Alkitab sepanjang hari. Mendengar saja tidak cukup untuk mengembangkan iman. Kita harus menggunakan iman kita untuk menghadapi pertandingan iman. Tidak peduli apa yang mungkin akan kita alami hari ini, latihan akan mengembangkan iman kita. Percayalah bahwa Tuhan akan melakukan apa yang telah Dia janjikan.

By: Gembala Sidang - Minggu, 19 Juni 2011