ARTIKEL2

RANCANGAN TUHAN

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. (Yeremia 29:11)
Tuhan adalah pribadi yang mempunyai kehendak dan oleh kehendak-Nya itu Tuhan merancang ciptaan-Nya sedemikian rupa sehingga Tuhan sendiri mengatakan, Sesungguhnya amat baik. Dari semua yang diciptakan Tuhan, manusia adalah makhluk yang paling mulia. Tentang rancangan Tuhan bagi kita, maka perlu kita perhatikan :
1. Tuhan mempunyai rancangan yang khusus bagi kita.
Tuhan mempunyai kehendak atau rencana yang khusus yang tidak diberikan bagi yang lain tetapi hanya bagi kita saja. Bahkan Tuhan selalu ingat akan apa yang mau Dia kerjakan dalam hidup kita. Tuhan berfirman, Aku mengetahui rancangan yang ada pada-Ku mengenai kamu. Itu berarti Tuhan mau mengurapi setiap rancangan-Nya bagi kita.
2. Tuhan mempunyai rancangan yang baik bagi kita.
Dalam Yeremia 29:11 firman Tuhan juga katakan bahwa rancangan Tuhan itu adalah rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan. Ini berarti bahwa Tuhan tidak pernah merancangkan sesuatu yang buruk bagi kita. Tuhan tidak pernah merancangkan kerugian, kecelakaan atau kegagalan, tetapi Ia merancangkan sesuatu yang baik bagi kita.
3. Tuhan mempunyai rancangan untuk hari depan kita.
Firman Tuhan katakan rancangan Tuhan itu adalah untuk hari depan yang cerah, dan yang penuh harapan. Artinya bahwa Tuhan menyediakan masa depan yang baik bagi kita. Jika kita mengerti bahwa Tuhan mempunyai rencana yang khusus bagi kita, maka kita harus menjaga hidup kita. Kita harus memberi perhatian yang khusus terhadap apa yang Tuhan kehendaki bagi kita. Hal ini berarti :
a. Kita harus menghargai rancangan Tuhan itu.
Jika kita mendapat sesuatu yang sangat berharga dari seseorang yang mengasihi kita, tentulah kita akan menghargai dan memeliharanya dengan baik. Mari kita hargai rencana Tuhan itu dengan menjaga hidup kita, dan jangan merusakkan hidup kita dengan hal-hal yang tidak berkenan kepada-Nya.
b. Kita harus menggenapi rancangan Tuhan itu.
Ingat! Kita hidup dengan tujuan yang jelas. Jika ada orang yang menjanjikan sesuatu yang baik bagi kita, pastilah kita akan berusaha untuk mendapatkannya. Nah, Tuhan mau supaya kita hidup untuk menggenapi rencana-Nya bagi kita.
c. Kita harus tetap hidup dalam rancangan Tuhan itu.
Tuhan mau supaya kita tetap berada dalam rencana-Nya. Jadi kita harus hidup sesuai dengan kehendak-Nya dengan menuruti firman-Nya (Yoh. 15:5,7). Ingat! Jika kita tahu Tuhan mempunyai rancangan yang baik bagi masa depan kita, maka kita harus hidup untuk menggenapi rancangan Tuhan itu.

RANCANGAN TUHAN ADALAH RANCANGAN DAMAI SEJAHTERA