RH RABU, 30 April 2008

Bacaan setahun: 2 Sam. 6; 1 Taw. 13; Mzm. 68; Mat. 17
MENCELA KEBAIKAN (MARKUS 6:14-29)
Bagaimana seharusnya hubungan orang Kristen dengan orang-orang yang hidup tanpa mengikuti standar Alkitab? Saya diperhadapkan dengan pertanyaan tersebut baru-baru ini di sebuah pusat pertokoan ketika saya berjumpa dengan sepasang suami isteri dan anak-anak mereka. Mereka hidup bersama tanpa menikah. Saya tidak menghina mereka, tetapi saya juga tidak menyetujui apa yang mereka lakukan. Pada kesempatan lain, seorang ayah bercerita bahwa anaknya telah menyatakan dirinya sebagai seorang homoseksual. "Saya tahu Anda seorang pengkhotbah," kata ayah tersebut, "tetapi saya berharap Anda memberi penjelasan yang cukup untuk membuat saya mengerti." Saya berkata kepadanya bahwa saya tidak memandang rendah anaknya, tetapi Allah berfirman bahwa homoseksual adalah dosa.

Yohanes Pembaptis menegur raja Herodes bahwa ia melakukan kesalahan dengan mengambil Herodias sebagai isterinya. Alkitab tidak menceritakan bagaimana cara Yohanes menegur. Saya pikir ia tetap menghormati raja, tetapi tegas terhadap dosa. Marilah kita berlaku baik terhadap mereka yang hidup dalam dosa, tetapi kita tegas menyatakan bahwa bahwa Allah membenci dosa dan ada akibat-akibat yang serius bila mereka tidak mau bertobat.