RH KAMIS, 29 Mei 2008

Bacaan setahun: Ams. 10-12; Rm. 10
Sukacita seorang janda (Mazmur 146:1-10)

Seorang Kristen tahu bahwa ia harus mengunjungi seorang wanita yang suaminya baru saja meninggal dunia. Pada mulanya ia merasa takut untuk melakukannya karena wanita itu sedang hancur hatinya, tetapi akhirnya ia memutuskan untuk pergi juga. Ia tahu bahwa tindakan "mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka" (Yak 1:27) adalah tindakan yang benar. Ketika ia tiba di rumah wanita itu, ia terkejut karena wanita itu berada dalam kondisi gembira. "Apa yang telah mengubah sikap Anda?" tanyanya. Wanita itu menjawab, "Saya telah membaca Alkitab dengan lebih tekun sejak kematian John, dan saya menemukan dalam Mazmur 146:1-10 bahwa Tuhan akan menjagai saya. Saya merasakan semangat baru karena saya sangat bersuka cita dengan janjiNya."

Siapa pun yang melihat wajah yang berseri-seri dan iman kepada Allah yang telah diperbarui dari wanita itu akan terkesan dengan perubahan yang diberikan Allah dalam hidupnya. Ia mendapat kekuatan karena gerejanya selalu memberi semangat dan menyediakan keperluannya. Alkitab berkata kepada kita untuk menghormati para janda dan menentang siapa pun yang mencoba mengambil keuntungan dari mereka (Mat 23:14). Kembali kita diingatkan akan perhatian dan pemeliharaan khusus Allah kepada wanita yang kehilangan orang dikasihinya (Kel 22:22; Ams 15:25).