Khotbah

MENCARI TUHAN
(Ibr. 11:6)


Alkitab mengatakan bahwa Allah ada di mana-mana. Allah itu OMNI PRESENT artinya, Allah maha hadir.; Kalau Allah ada di sini berarti pada saat yang bersamaan Allah juga berada di tempat lain. Tidak ada tempat yang tidak terjangkau oleh Allah. Namun demikian, tidak semua orang dapat berjumpa dengan Tuhan dan merasakan hadirat Tuhan, sekalipun ia berada di gereja.

Kita harus mencari Tuhan dengan segenap hati dan jiwa kita maka kita akan menemukan-Nya (Ul. 4: 29). Ada dua cara dalam mencari Tuhan, yaitu dengan mengarahkan hati dan jiwa untuk mencari Tuhan (1 Taw. 22:19) serta dengan membulatkan hati dalam mencari Tuhan (2 Taw. 11:16). Apabila kita sungguh-sungguh mencari Tuhan, maka kita akan memperoleh hasilnya. Hasil dalam mencari Tuhan adalah:
· Doanya dijawab Tuhan (2 Taw. 7:14)
· Dosa-dosanya diampuni (2 Taw. 7:14)
· Keadaannya dipulihkan (2 Taw. 7 :14)
· Hidupnya diberkati (Mzm. 34:11)

Kita dapat mencari Tuhan pada saat kita dalam kesesakan (2 Taw. 15:4), dalam kegentaran dan ketakutan (Mzm. 34:5) dan pada saat Tuhan berkenan ditemui (dalam waktu-waktu sekarang – Yes. 55:6). Dalam Perjanjian Lama, seseorang dapat bertemu Tuhan di bait Allah (Kel. 33:7; 1 Taw. 22:19). Pada saat ini Bait Allah sama dengan gereja. Tetapi dalam Perjanjian Baru, kita menemukan bahwa seseorang dapat mencari Tuhan tidak hanya di dalam gereja saja, melainkan dimana saja. Asal kita mencari Tuhan dalam roh dan kebenaran (Yoh. 4:23-24). Kerinduan hati Tuhan ialah melihat banyak orang yang mencari Tuhan dengan segenap hati dan jiwanya (Mzm. 14:2).

Apa pun yang kita hadapi sekarang, carilah Tuhan dengan segenap hati dan jiwa, maka kita akan senantiasa memperoleh pertolongan yang dari Allah. Tuhan akan memberi upah kepada orang-orang yang sungguh-sungguh mencari Dia. Amin

Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

By: Pdt. Henoch Wilianto H, M.A.- Minggu, 16 Nov 2008