KHOTBAH

KUASA PERKATAAN
(1 Ptr. 3: 10)


Menurut Firman Tuhan, orang yang ingin berhasil dalam hidupnya harus menjaga lidahnya dari bibir yang menipu. Dalam perkataan kita ada kuasa dan hal ini dapat mempengaruhi keadaan kita. Berikan kehidupan kepada kata-kata anda, maka kata-kata anda akan mendatangkan kehidupan kepada anda. Kata-kata kita ibarat benih. Apa yang kita tabur itulah yang kita tuai. Setiap kata yang kita ucapkan dan pikirkan adalah kendaraan pribadi kita yang membawa kita tiba pada suatu tempat dalam kehidupan kita. Lidah kita ibarat kemudi dalam hidup kita. Pada saat kita mulai mengubah perkataan kita maka sesungguhnya kita sedang mengubah arah hidup kita.

Masalah yang kita hadapi sebenarnya bukan pada apa yang terjadi tetapi pada apa yang kita katakan terhadap apa yang terjadi. Daud mengajarkan kepada kita bahwa pada saat kita tertindas sesungguhnya hal tersebut baik buat kita (Mzm. 119: 71). Ubahlah apa yang kita katakan pada saat mengalami masalah maka semua itu akan mendatangkan kebaikan bagi kita.

Dalam perkataan kita ada kuasa, maka perhatikan apa yang kita katakan pada diri kita dan orang-orang yang di sekitar kita. Hidup hanyalah cermin, pantulan dari apa yang kita katakan dalam hati dan pikiran kita tentang diri kita dan orang di sekitar kita. Perhatikan apa yang kita katakan:
· Berenergi tinggi atau rendah
· Positif atau negatif
Seburuk apa pun yang kita alami tetap katakan yang baik, karena hal ini akan Tuhan lakukan dalam hidup kita (Bil. 14: 28). Katakan apa yang kita harapkan (Fil. 4: 6) maka kita akan mendapatkan yang baik. Seringkali perasaan dan pikiran kita dipengaruhi keadaan. Tetapi bagi orang Kristen yang dewasa, pikiran dan perasaannya yang mempengaruhi keadaan sekeliling kita. Keputusan dan tindakan kita akan mempengaruhi keadaan kita. Perkataan kita mempengaruhi pikiran dan perasaan kita (Ams. 12: 25), keputusan dan tindakan (Yos. 1: 8) dan keadaan (Mrk. 11: 23). Kita harus percaya bahwa apa yang kita katakan itu akan terjadi maka hal itu akan terjadi pada kita.

Kita tidak akan bisa mengatur arah angin yang bertiup tetapi kita bisa mengatur arah telinga kita. Apa yang kita dengar setiap saat dapat mempengaruhi perkataan kita. Kalau kita suka mendengar Firman Tuhan setiap saat maka kita akan senantiasa mengatakan hal-hal yang positif sesuai dengan Firman Tuhan yang telah kita dengar. Perhatikan perkataan kita maka kita akan melihat ada perubahan dalam hidup kita. Amin


By: Pdt. Donny FT. - Minggu, 23 Nov 2008