RH SELASA, 27 Jan 2009

Bacaan Setahun: Kel. 17-20; Kis. 3
KEBESARAN HATI (Yohanes 4:1-15)

Yesus memang adalah Manusia sejati sama seperti kita, di samping juga Allah sejati. Sebagai Allah Dia dapat memenuhi segala kebutuhan-Nya sendiri; tetapi Yesus sering memberi kesempatan kepada orang lain untuk berbuat sesuatu bagi-Nya. Ketika seorang perempuan Samaria yang reputasinya meragukan datang untuk menimba air, Yesus pun melakukan hal yang mungkin orang lain tak akan melakukannya: Dia meminta minum!

Saya telah menjadi orang yang terlalu sombong dengan cara tidak pernah membiarkan orang lain berbuat sesuatu bagi saya, sampai pada suatu hari Tuhan menegur saya. Tatkala seperti biasanya saya menolak sahabat saya berbuat sesuatu, ia berkata dengan nada kecewa, "Kamu tahu tidak? Kamu itu adalah orang yang tidak punya kebesaran hati untuk menerima sesuatu." Orang lain pun perlu mengalami kesukaan untuk menjadi si pemberi, dan kita akan membuatnya kecewa dengan menolak pemberiannya. Marilah kita belajar dari Tuhan Yesus sendiri untuk memiliki kebesaran hati sebagai penerima.