KOTBAH

MASA DEPAN SUNGGUH ADA
(Amsal 23:18)

Dalam kehidupan ini kita seringkali menghadapi masalah atau pun persoalan. Apa pun yang menghalangi kita dan apa pun keadaan yang kita hadapi, tidak akan mengubah janji firman Tuhan bagi hidup kita. Hal ini dapat terjadi apabila kita selalu mengkonsumsi Firman Tuhan setiap waktu. Tiga kunci untuk dapat menciptakan hari-hari kita indah sesuai dengan kebenaran firman Tuhan, adalah:

1. Mulailah hari-hari kita bersama dengan Tuhan.
Segala hal yang kita pikirkan akan mempengaruhi hari-hari yang akan kita lalui. Kalau kita memulai dengan Tuhan (saat teduh) maka Tuhan akan memberkati hari-hari kita. Janji Tuhan atas kita ialah apabila kita merenungkan Firman Tuhan dan memperkatakan Firman tersebut dalam hidup kita, maka Tuhan akan membuat perjalanan hidup kita berhasil dan beruntung. Bersama Tuhan maka hari-hari kita akan menjadi luar biasa (dipenuhi dengan kebahagiaan, keberhasilan dan keberuntungan).

2. Jagalah hati dan pikiran kita dengan segala kewaspadaan (Ams. 4: 20-23).
Yang menentukan kita dapat berhasil, sehat, beruntung dan memperoleh kebahagiaan, bukan orang lain yang ada di sekitar kita. Tetapi dari hati kitalah semua hal tersebut dapat terjadi dalam kehidupan kita. Firman Tuhan menyatakan bahwa dari hati kita akan terpancar kehidupan. Bahkan firman Tuhan menyatakan bahwa hati yang gembira adalah obat yang manjur. Semua hal yang kita inginkan terjadi dalam kehidupan kita tergantung kepada hati kita, bukan pada modal yang kita miliki. Segala hal dapat kita lakukan, kuncinya pikirkan semua hal yang positif dan bukan yang negatif (Fil. 4: 8). Jangan mudah menyerah. Teruslah berusaha sekalipun banyak mengalami kegagalan. Masa depan kita luar biasa indah bersama dengan Tuhan.

3. Miliki hati yang penuh dengan ucapan syukur (1 Tes. 5: 18).
Seringkali berbagai macam keadaan di dalam kehidupan kita membuat ucapan syukur menjadi pudar. Apa pun yang terjadi belajarlah mengucap syukur. Karena Allah dapat menjadikan sesuatu yang mustahil menjadi tidak mustahil. Allah dapat mengubahkan keadaan yang buruk menjadi baik. Orang yang senantiasa mengucap syukur akan selalu memperoleh berkat dari Tuhan secara berlimpah-limpah.

Ketiga kunci tersebut dapat membawa kita memperoleh janji-janji Tuhan dalam setiap hari-hari yang kita lalui. Jika Tuhan berfirman maka pasti akan digenapi. Bersama Tuhan masa depan kita sungguh ada. Amin


. By: Pdt. Yohanes Gunawan - Minggu, 22 Februari 2009