Ringkasan Khotbah 04 Juli 2010

PEMBURU TUHAN
(Ulangan 4:7)

Musa menyakinkan bangsa Israel bahwa kedekatan mereka dengan Allah adalah keuntungan yang sangat besar. Karena apa? Karena tidak ada allah lain seperti Allah yang menciptakan langit dan bumi (Ul. 4: 32-34). Bangsa Israel terpelihara dengan sempurna bukan karena uang tetapi karena Tuhan menyertai dan melindungi mereka. Gus Dur pernah mengatakan bahwa Allahnya orang Kristen adalah Allah yang sangat dekat. Bangsa Israel terpelihara bukan karena banyak sponsor, deposito, tetapi karena pemeliharaan Tuhan. Hanya kedekatan kita dengan Tuhan membuat kita mampu melihat masa depan.

Ada 3 hal penting yang diperoleh seseorang yang dekat dengan Tuhan:
1. Merasakan pemeliharaan Tuhan. Pemeliharaan Tuhan hanya dirasakan oleh orang yang dekat dengan Tuhan (Ayb. 10: 12). Orang yang dekat dengan Tuhan akan melihat segala sesuatu dengan “kacamata positif”. Sedangkan orang yang jauh dengan Tuhan akan selalu mengalami kerugian berupa angin ribut, badai besar, kapal kehidupan hampir hancur, dan takut (Yun. 1: 3-4).
2. Mendapat segala berkat rohani di dalam Sorga (Ef. 1: 3). Orang yang dekat dengan Tuhan hidupnya akan selalu tenang, bersukacita, semangat, dan sabar. Sebaliknya orang yang jauh dari Tuhan akan selalu mengalami kekeringan yang ditandai dengan kebosanan, kemarahan, dan mudah tersinggung.
3. Kekuatan Tuhan yang besar menyertai hidupnya (Ul. 4: 7). Kalau Tuhan menyertai kita, maka secara otomatis kekuatan Tuhan yang besar juga menyertai kita. Sehingga kita dapat menghadapi segala tantangan baik godaan dari Iblis.

Terobsesilah dengan Tuhan (addicted of HIS presence). Karena Tuhan sangat terobsesi terhadap kita (Mzm. 139:7-10). Namun kita seringkali tidak peka dan tidak datang kepada Tuhan. Sekalipun kita jauh, Tuhan mengasihi kita dengan kasih kekal. Jadilah pemburu Tuhan dan kejarlah, kenalilah, serta milikilah hadirat TUHAN. Amin

By: Pdt. Henoch Wilianto - 04 Juli 2010