Ringkasan Khotbah 05 Desember 2010

Si Buta dari Yerikho
(Lukas 18: 35-43)

Saya sering memberi nasehat kepada mahasiswa sekolah Alkitab. Saya katakan bahwa orang bisa dihormati orang lain kalau punya beberapa kelebihan, yaitu kaya, pandai, sopan dan jujur. Si buta dari Yerikho tidak memiliki semuanya. Injil Lukas mencatat bahwa: ia buta atau cacat (ay. 35), mengemis atau miskin (ay. 35), bodoh (ay. 36), dan memanggil Tuhan Yesus tanpa menggunakan gelar, misalnya Rabbi, Guru, atau Tuhan, tetapi langsung memanggil Yesus. Tidak ada hal yang istimewa yang dapat dijadikan dasar untuk mendapat pertolongan dari Tuhan Yesus, tetapi ternyata si Buta ini disembuhkan juga oleh Tuhan Yesus.

Apa yang menyebabkan ia mendapat jawaban atas persoalan yang dihadapinya? Apa yang menyebabkan Tuhan Yesus menyembuhkan si Buta dari Yerikho?

1. Imannya pantang menyerah (ay. 38-40). Ia berseru dan semakin keras ia berseru, sekalipun ia ditegur, mendapat tantangan, dan hambatan ia tetap tidak menyerah. Kegigihan si buta menujukkan imannya pantang menyerah. Hidup ini layak untuk diperjuangkan dan Yesus mau menolong, apa saja yang kita minta dalam doa, kita akan menerima (Mzm. 21:22).
2. Imannya bertumbuh seiring berjalannya waktu. Sebelumnya si buta tidak mengenali Yesus dengan benar, lalu mengetahui bahwa Yesus, anak Daud sehingga ia memanggil-Nya menjadi Anak Daud, akhirnya ia mampu mengenali Yesus sebagai Tuhan (ay. 36, 38, 39, 41). Dalam kehidupan kita sebagai orang Kristen dengan kesehatan sekarang, kesibukan, atau liburan jangan sampai menjadi penghalang imanmu bertumbuh.
3. Imannya jujur. Waktu Yesus bertanya, ”Apa yang kau kehendaki supaya Aku berbuat bagimu?” Si buta ini minta supaya matanya dapat melihat! Ia tidak minta supaya jadi kaya atau ganteng, tetapi ia minta sesuai kebutuhannya. Yesus mengabulkan doanya. Apa yang kita butuhkan, fokuslah kepada Tuhan, walaupun Yesus tahu semua keinginan, kebutuhan kita, Yesus sangggup menolong orang yang menyampaikan kerinduannya kepada Yesus.

By: Pdt. Henoch Wilianto - 05 Desember 2010