Artikel

Sukses Sang Pohon Kayu Merah

Jika anda menanyakan pada ahli botani, seberapa tinggi sebuah pohon dapat tumbuh? Secara teori mereka akan menjawab 130 meter. Angka itu jauh lebih tinggi daripada patung Liberty di Amerika yang tingginya hanya mencapai 97 meter. Baru-baru ini para peneliti Northern Arizona University, mengukur 8 pohon di hutan Pohon Kayu Merah yang diperkirakan sebagai pohon tertinggi di dunia. Untuk membuktikan perkiraan itu, maka para peneliti benar-benar memanjat pohon-pohon tersebut karena jawaban yang mereka perlukan ada di ujung-ujung ranting tertinggi.Ternyata satu di antara 8 pohon itu memecahkan rekor dunia, tinggi pohon itu mencapai 112,7 meter.

Profesor ekofisiologi, George Koch, yang memimpin penelitian itu berkata demikian, "Satu-satunya cara untuk mengetahui ketinggiannya adalah ... dengan memanjat pohon-pohon tersebut. Rasanya mengesankan memanjat pohon-pohon yang mengagumkan itu dan melakukan sesuatu yang berguna secara ilmiah. Ternyata di ujung-ujung ranting itu kehidupan sangat keras, daun-daun yang hidup di ujung ranting itu harus berjuang untuk mendapatkan air dan makanan yang cukup. Bagi daun-daun ini, sepanjang tahun adalah kemarau. Bukan kerja yang mudah untuk menaikkan air ke atas, karena ada gaya grafitasi yang harus dilawan, selain gaya gesekan air dengan dinding-dinding pembuluh yang mengalirkannya."

Dia juga menerangkan, "Ketinggian yang dicapai itu berada dalam posisi yang berbahaya, misalnya bahaya dari kekeringan, disambar petir, dan tekanan air yang semakin kuat berpotensi besar untuk mematahkan ranting demi ranting yang mempertinggi pohon itu." Sungguh luar biasa perjuangan pohon tertinggi itu, para ahli memperkirakan bahwa pohon itu sudah bertahan selama 2.000 tahun dari berbagai bahaya yang mengintainya.

Ada dua pelajaran tentang kesuksesan yang dapat kita petik dari pohon tertinggi tersebut.
Pertama, untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan kegigihan, seringkali waktu yang cukup lama, kesabaran dan kerja keras. Banyak harga yang harus dibayar untuk mencapai tingkat kesuksesan tertentu. Harga-harga itu bisa berupa cemoohan, kritik yang menjatuhkan, rasa lelah, stres, kurang tidur, persaingan dan sebagainya. Semua orang yang ingin sukses harus melewati saat-saat yang melelahkan, menyakitkan dan juga petualangan-petualangan yang tak menyenangkan tetapi ketika kesuksesan sudah diraih ada kepuasan yang memberikan kebahagiaan tersendiri.

Kedua, waspadalah dengan bahaya-bahaya ketika telah mencapai tingkat kesuksesan tertentu. Kesuksesan tidak boleh dipandang dari satu sisi saja, yaitu kemapanan dan kejayaan, tetapi kemampuan kita untuk bertahan di posisi atas terhadap kritikan, tekanan dan tanggungjawab yang lebih besar, harus diperhitungkan. Kesuksesan dapat dipertahankan dan ditingkatkan jika kita tetap bekerja keras, menjaga hati tetap waspada dan hidup takut akan Tuhan.