ARTIKEL

Karakter Daniel
Daniel adalah orang yang hatinya terpusat kepada Allah, tekadnya bulat dan mantap bahwa tidak ada suatu apapun yang akan menyimpangkan, menyelewengkan, atau menakutkannya dalam mengabdi dan bersekutu kepada Allah. Sukacitanya yang terbesar adalah hidup dalam persekutuan dengan Allahnya. Tiap hari ia berbakti kepada Allahnya dengan penuh disiplin. Alkitab mencatat bahwa, “tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya seperti yang biasa dilakukannya”, (Daniel 6:11). Mengetahui kapan saatnya bertemu dengan Allah adalah hal yang paling utama dalam pengelolaan waktu selama hidupnya. Inilah yang melandasi keputusan-keputusannya. Kepercayaannya kepada Allah menjadi dasar landasan hidupnya.
Menjadi orang kepercayaan raja, mengakibatkan orang-orang yang iri dan tumpul hati nuraninya bersekongkol untuk merongrong pengaruh Daniel terhadap raja. Mereka mencari kelemahan dalam hidupnya. Mereka tidak berhasil menemukan cela sedikitpun, lalu mereka berniat menggunakan kekuatannya sebagai kelemahan. Mereka bertekad untuk mencari akal supaya praktik ibadahnya dengan berdoa secara terbuka tiga kali tiap hari dilarang oleh hukum sipil. Mereka membujuk raja dengan rayuan beracun dan menganjurkan supaya hanya dewa pujaannya saja yang disembah, dan siapapun yang tertangkap basah menyembah dewa lain harus di hukum. Mereka tahu dari cara hidup Daniel bahwa ia tidak akan pernah meninggalkan imannya dan menyembah dewa lain manapun selain Allah.
Ketika Daniel tidak mau mematuhi perintah raja itu, akibatnya Daniel dilemparkan ke dalam kandang singa yang lapar selama semalam suntuk. Daniel menolak menuruti suatu hukum sipil yang tidak sejalan dengan imannya. Penolakan ini bukan lahir dari sikap memberontak kepada raja, melainkan lahir dari kebulatan tekadnya untuk melaksanakan kehendak Allah tanpa memandang akibat-akibatnya. Daniel tidak gentar menghadapi tatanan yang bermaksud menghancurkan kehidupan rohaninya. Diancam hukuman mati, Daniel berdoa dan percaya kepada Allahnya. Dengan berdoa, Daniel melibatkan Allah dalam segala aspek kehidupannya. Kita tahu bahwa mulut singa-singa lapar itu tetap tertutup, Daniel diselamatkan dan mendapat belas kasihan Allah. Tetapi orang-orang yang bersekongkol melawannya dimangsa oleh singa-singa itu sendiri. Allah membalas kejahatan mereka.
Daniel adalah seorang yang berpegang teguh kepercayaannya kepada Allah sejak masa mudanya, menerima Firman Tuhan dengan sepenuhnya, hidup benar dan mengandalkan doa. Inilah yang melandasi kehidupan Daniel sehingga pemeliharaan dan pembelaan Allah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam hidupnya. Bagaimana dengan Anda?

Di dalam Kristus
Di dalam Kristus saya aman karena:
Saya dibebaskan dari hukuman untuk selama-lamanya - Roma 8:1-2
Saya tahu bahwa segala sesuatu mendatangkan kebaikan bagi orang-orang yang mengasihi Dia - Roma 8:28
Saya bebas dari segala macam tuduhan yang ditujukan kepada saya - Roma 8:31-34
Saya tidak akan terpisah dari kasih Allah - Roma 8:35-39
Saya telah diteguhkan, diurapi, dan dimeteraikan oleh Allah - 2 Kor 1:21-22
Hidup saya tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah - Kol 3:3
Saya yakin bahwa pekerjaan baik yang telah dimulai oleh Allah di dalam saya akan disempurnakan - Filipi 1:6
Kewarganegaraan saya adalah di sorga - Filipi 3:20
Saya diberikan bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih, dan ketertiban - 2Tim 1:7
Saya menerima rahmat dan menemukan kasih karunia pada waktunya - Ibrani 4:16
Saya adalah yang lahir dari Allah dan si jahat tidak dapat menjamah saya - 1Yoh 5:18
Di dalam Kristus saya diterima karena:
Saya adalah anak Allah - Yoh 1:12
Saya adalah sahabat Kristus - Yoh 15:15
Saya telah dibenarkan dan hidup damai dengan Allah - Roma 5:1
Saya disatukan dengan Tuhan dan menjadi satu roh dengan Dia - 1 Kor 6:17
Saya telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Saya adalah milik Allah - 1 Kor 6:19-20
Saya adalah anggota tubuh Kristus - 1 Kor 12:27
Saya adalah orang kudus - Ef 1:1
Saya telah ditentukan untuk menjadi anak Allah - Ef 1:5
Saya beroleh jalan masuk kepada Allah melalui Roh Kudus - Ef 2:18
Saya telah ditebus dan dosa saya telah diampuni ~ segala hutang saya telah dihapuskan - Kol 1:14
Saya telah dipenuhi di dalam Kristus - Kol 2:10