KOTBAH

Doa Paulus
(Efesus 3:16-21)
Dalam perikop ini diuraikan bagaimana Paulus sebagai seorang Rasul, dia berdoa untuk jemaat Efesus. Ada 3 permohonan Paulus dalam doanya, yaitu:
1. Supaya dipimpin oleh Roh (Efesus 3:16-17)
Hidup kita harus dipimpin oleh Roh, bukan oleh keinginan daging. Roma 8:13 menyatakan bahwa keinginan daging akan membawa kita kepada kematian (neraka) dan sebaliknya hidup oleh Roh akan membawa kita kepada hidup. Jika kita hidup dalam dimensi Roh, maka kuasa Tuhan yang bekerja. Tetapi jika kita hidup menuruti daging kita adalah seteru Allah, sekalipun kita melayani; tidak mungkin berkenan kepada Allah. Kita tidak bisa menjadi terang dan garam bagi orang lain.
2. Supaya berpandangan luas (Efesus 3:18-19a)
Dalam hidup ini kita harus memiliki pola pikir yang luas, tidak seperti katak dalam tempurung. Belajar untuk memikirkan orang lain. Filemon adalah salah satu contoh seorang yang berpandangan luas dan memiliki kasih Kristus sehingga ia bisa menerima Onesimus kembali ke dalam hidupnya (baca: Filemon 1:8-22).
3. Supaya hidup dalam kepenuhan Allah (Efesus 3:19b-21)
Hidup dalam kepenuhan Allah adalah hidup yang mencerminkan karakter Kristus; penuh kasih, rendah hati dan setia sampai mati. Dalam 1 Korintus 13:5,7 menyatakan bahwa kasih tidak menyimpan kesalahan orang lain, dan kasih menutupi segala sesuatu. Dalam pelayanan seringkali kita berbenturan satu dengan yang lain. Jika kita memiliki kasih maka gereja kita akan berkembang.
Jika kita hidup dalam pimpinan Roh Kudus dan berpandangan luas, serta hidup dalam kepenuhan Allah, maka kita akan menikmati kehidupan yang luar biasa; karena bagi Dialah yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita. Bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin

By: Pdt.Henoch Kusuma - Minggu, 11 Mei 2008