KOTBAH

Kemenangan dari Allah
(1 Yohanes 5:4)
Kita adalah pemenang. 1 Yohanes 5:4 berkata “sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.” Allah telah memilih kita untuk menjadi pemenang (Yer 1:45). Secara jasmani, kita dilahirkan sebagai pemenang. Demikian pula dalam Roh, kita juga adalah anak-anak pemenang. Dengan iman kita memperoleh kemenangan itu (1 Yoh 5:4-5). Kita tidak perlu bergumul sendiri untuk menang karena kemenangan itu diberikan oleh Allah. Paulus berkata dalam 1 Korintus 15:57, “Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.”
Di tengah berbagai krisis yang terjadi saat ini kita tidak perlu tertekan dan panik, karena kita tahu bahwa kita adalah pemenang. Beberapa hal yang harus kita lakukan ketika masalah itu datang adalah (1 Kor 10:13):
1. Kita harus tahu bahwa masalah itu biasa.
Kita bukan satu-satunya orang yang mengalami masalah. Ada banyak orang yang mengalami masalah, karena itu kita harus katakan bahwa masalah yang kita hadapi adalah biasa.

2. Kita harus tetap bersukacita.
Firman Tuhan berkata: “Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.” (1 Ptr 1:6) Ketika masalah itu datang, kita dapat bersukacita karena kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah (Rm 8:28).

3. Kita harus mengatakan bahwa Allah itu setia.
Allah itu setia. Dia selalu menyertai kita dalam segala keadaan. Itulah sebabnya ketika ada masalah datang, katakan dengan iman “Allah setia”.

4. Kita harus mengerti bahwa Allah tidak akan mengijinkan pencobaan melebihi kekuatan kita. Ia selalu memberikan jalan keluar kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya. Kita tidak perlu takut menghadapi tantangan hidup karena Allah telah memberikan kemenangan kepada kita. Amin
By: Rev. Chrispus Jayaratnam - Minggu, 4 Mei 2008