KOTBAH

LAKUKAN APA YANG BISA KITA LAKUKAN

Sebagai orang percaya kita tidak boleh hanya tinggal diam. Kita harus melakukan sesuatu yang bisa kita lakukan. Yakobus 2:17 berkata “Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.” Melakukan sesuatu menunjukkan bahwa kita mempunyai iman yang benar. Melakukan sesuatu merupakan kunci keberhasilan.
Tiga hal penting yang dapat kita pelajari adalah:

1. Milikilah keberanian untuk melangkah.
Allah ingin kita berhasil, karena itu Ia ingin supaya kita melangkah untuk melakukan sesuatu yang bisa kita lakukan. Apa yang tidak bisa kita lakukan adalah bagiannya Allah. Seringkali Allah memakai apa yang kita miliki untuk membuat kita berhasil. Contoh: Musa, dengan tongkat di tangannya membawa bangsa Israel keluar dari Mesir dan menyeberangi laut Teberau; Daud, dengan umban dan batu di tangannya mengalahkan Goliat. Jadi jangan pernah meremehkan apa yang kita miliki, tetapi lakukanlah tugas kita dengan mengembangkan apa yang kita miliki itu.

2. Sinergikan kerajinan, kerja keras dan kreativitas.
Untuk berhasil kita perlu bekerja dengan rajin, sekuat tenaga dan tidak boleh malas (Ams. 6: 6-11; Ams. 10). Tidak hanya itu, kita juga perlu untuk selalu kreatif dan inovatif. Oleh karena itu mintalah selalu hikmat dari Tuhan.

3. Jangan pernah menunda. Lakukanlah segera.
Peluang seringkali tidak datang dua kali, karena itu jangan suka menunda untuk melakukan sesuatu. Jangan membiarkan waktu yang ada terlantar dengan sia-sia. Menunda melakukan sesuatu membuat keberhasilan kita tertunda. Jika kita mau berhasil maka mulailah dari yang kecil, mulailah dari diri sendiri dan mulailah sekarang juga. Amin
By: Pdt.Paul Abdisaputera - Minggu, 25 Mei 2008