RH SELASA, 3 Juni 2008

Bacaan setahun: Ams. 25-27; Rm. 15
Yang masuk akan keluar (Amsal 10:11-21)

Saya mendengarkan siaran radio selama mengemudi dan membaca buku atau majalah bila sedang menonton televisi. Semua kalimat dan pokok pikiran yang saya dengar dan baca itu semuanya terekam di otak dan menjadi bagian dari diri saya. Lalu, ketika saya menulis atau berbicara, hal-hal itu dapat muncul dengan sendirinya dalam kata-kata atau bahasa saya sendiri.

Kita semua menerima banyak informasi setiap hari, dan hal ini dapat membahayakan. Apa yang kemudian kita lakukan dengan masukan-masukan itu sangatlah penting. Hidup di dunia yang tidak lagi menghargai nilai- nilai kebajikan dapat menghadapkan kita pada hal-hal yang tak berguna. Oleh karena itu, kita harus menghindari hal-hal yang negatif sedapat mungkin dan menolaknya bila kita tidak dapat menghindarinya. Jika kita tidak berpandai- pandai menyaring, pikiran kita akan ikut tercemar. Sebaliknya, jika kita mengalami sukacita dengan apa yang disebut benar, mulia, adil, suci, manis dan sedap didengar (Filipi 4:8), hal-hal inilah yang akan terungkap dalam perkataan kita.