KOTBAH

PROSES PEMBENTUKAN
(Yesaya 28:24-29)

Setiap orang pasti mengalami proses dari Tuhan. Setiap proses yang dilalui seseorang berbeda satu dengan yang lainnya. Tujuan dari proses tersebut ialah untuk membentuk seseorang menjadi sesuai dengan kehendak-Nya. Tiga hal yang diperhatikan Tuhan dalam proses pembentukan tersebut, ialah:

1. Lamanya Proses Pembentukan (ay. 24–25)
Tuhan itu tahu batas waktu setiap proses dan semuanya ada waktunya. Lamanya proses tergantung dengan tanahnya; keras atau gembur. Demikian dengan setiap kita, proses pembentukan tergantung dengan hati kita. Dalam proses pembentukan dari Tuhan, Tuhan memperhatikan lamanya proses tersebut dan hal ini tergantung dengan diri kita sendiri.

2. Caranya Proses yang diberikan kepada kita (ay. 26–27)
Hidup setiap orang seperti jintan hitam dan jintan putih. Setiap orang memiliki perbedaan. Karakter setiap orang tidaklah sama, berbeda satu dengan yang lain. Jangan pernah membandingkan diri kita dengan orang lain. Cara Tuhan memperlakukan dan membentuk kita tidaklah sama. Biasanya Tuhan membentuk kita melalui tiga cara, yaitu: Pertama, melalui masalah; kerap kali kita dihajar dengan berbagai-bagai masalah dan setelah kita menang dari masalah tersebut, kita menjadi orang yang lebih taat. Kedua, melalui orang-orang yang di sekitar kita dan ketiga adalah melalui berkat.

3. Bobotnya (ay. 28–29)
Bobot dari proses pembentukan Tuhan sudah diukur. Proses tersebut bukan untuk menghancurkan kita dan masa depan kita. Tetapi untuk mengeluarkan yang baik dari kita.

Masalah yang kita hadapi adalah masalah-masalah yang biasa dan tidak akan melebihi kekuatan kita (I Korintus 10:13). Amin

By: Pdt. Henoch Wilianto - Minggu, 6 Juli 2008