RH SELASA, 18 Nov 2008

Bacaan Setahun: Mzm. 124; 2 Kor. 11-13
KANIBALISME (Galatia 5:13-26)

Beberapa tahun yang lampau, saya keluar makan malam bersama anak saya yang masih berusia empat tahun. Ketika kami sedang makan hamburger di restoran, saya mendengar kegaduhan yang berasal dua orang yang sedang bertengkar di belakang saya. Anak saya Ben melihat pertengkaran itu dengan mata terbelalak. Oleh karena itu saya bertanya kepadanya apa yang sedang ia pikirkan. "Oh, saya berpikir tentang Yesus dan bagaimana Dia mati bagi dosa-dosa kita." Tanggapan Ben sangatlah mengesankan bagi saya. Ketika pria dan wanita yang sedang marah itu menyelesaikan makan mereka dengan "saling menggigit," saya mengakui bahwa saya juga memiliki kemarahan dan hati nurani yang jelek. Lalu anak saya sendiri mengingatkan saya bahwa Kristus datang ke dunia untuk menebus kita dari dosa. Kita tidak dapat mencari-cari alasan untuk jatuh kembali dalam tindakan "kanibalisme" seperti yang terjadi di restoran itu. Kita telah diampuni dan menerima roh kasih. Jalan yang ditawarkan-Nya sangatlah praktis dan dapat mengubah hidup bila kita membiarkan Dia mengubah kita.