KOTBAH

Pertumbuhan
(Amsal 4: 23)

Firman Tuhan berkata, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, ... “ itu berarti bahwa apa yang kelihatan sangat ditentukan oleh apa yang tidak kelihatan. Sama dengan perumpamaan tentang dua macam dasar atau pondasi rumah yang disampaikan oleh Tuhan Yesus. Rumah yang satu dibangun di atas batu, ketika datang hujan dan banjir, rumah itu tetap kokoh. Rumah yang lain dibangun di atas pasir, kemudian datanglah hujan dan banjir maka robohlah rumah itu. Itu berarti, apa yang kelihatan sangat ditentukan oleh yang tidak kelihatan. Pondasi yang tidak kelihatan sangat menentukan rumah yang di atasnya atau yang kelihatan. Kita hidup dari dalam keluar. Apa yang ada di dalam akan muncul keluar. Bagaimana memunculkan yang di dalam kita? Tekan saja maka yang di dalam akan keluar.

Firman Tuhan berkata: Bagaimana terjadinya pertumbuhan itu tidak diketahui orang (Mrk. 4: 27). Berarti pertumbuhan itu suatu misteri. Tetapi elemen-elemen yang menyebabkan pertumbuhan kita tahu. Rasul Paulus mengajarkan kepada kita bahwa pertumbuhan itu ada di tangan Allah dan bukan di tangan kita (1 Kor. 3: 6). Pada siang hari orang harus menabur benih, pada waktu malam benih itu akan bertunas.

Dalam Markus 4: 13-20 diceritakan perumpamaan tentang penabur. Perumpamaan seorang penabur adalah kunci untuk membuka perumpamaan-perumpamaan yang lain.Apabila kita telah mendengar Firman dan tidak mengerti, maka si jahat akan merampas apa yang telah ditabur. Dan Kita akan kehilangan apa yang kita tidak mengerti. Tetapi seseorang yang mendengar firman dan mengerti, maka ia akan menghasilkan buah. Pengertian adalah suatu kuasa (Understanding is a power). Kalau kita mendengar firman Tuhan berusahalah sampai kita mengerti firman Tuhan itu. Apa saja yang tidak kita mengerti akan menjadi hilang. Tiga hal yang bisa membuat kita bertumbuh, yaitu:
1. Memberi. Banyak orang tidak mengerti persepuluhan maka orang tidak melakukannya. Apa yang kita mengerti, tidak akan kita lupakan (Ams. 4: 7).
2. Makanan. Pertumbuhan tergantung dari apa yang kita makan, apa yang kita tonton, apa yang kita baca, apa yang kita dengarkan, apa yang kita masukkan dalam hidup kita. Kalau apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita adalah makanan yang tidak sehat, pasti tubuh kita akan mengalami pertumbuhan yang tidak sehat.
3. Meninggalkan (1 Kor. 13: 11). Kita akan mengalami pertumbuhan, apabila kita mau meninggalkan sifat kanak-kanak kita.

Pertumbuhan dapat terjadi pada kita apabila kita mau menjaga hati ini dengan segala kewaspadaan. Selain itu memberi, makanan yang kita makan dan meninggalkan masa lalu kita akan dapat mempengaruhi pertumbuhan kita. Amin

Pdt. Henoch Wilianto - 17 Januari 2010