Ringkasan Khotbah Minggu, 26 Desember ‘10

KRISTUS DATANG KE DUNIA
(I Timotius 1: 12-17)

Setiap tanggal 25 Desember kita merayakan hari Natal, hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Tuhan Yesus datang ke dunia ini sangat berarti bagi umat manusia. Apakah yang membuat kedatangan Tuhan Yesus sangat berarti bagi kita?
1. Kristus datang ke dunia menyelamatkan orang berdosa (ay. 15). Ini menunjukkan bahwa orang berdosa membutuhkan keselamatan, dan kalau tidak mendapatkannya, mereka akan terhilang atau masuk neraka selama-lamanya. Kalau Yesus tidak datang ke dunia pada Natal yang pertama itu, maka umat manusia tidak akan bisa selamat. Yesus datang ke dalam dunia dan mati disalib untuk menebus dosa, supaya tersedia satu-satunya jalan keselamatan bagi manusia. Jangan mencari jalan keselamatan di luar Kristus. Kalau mau selamat, datanglah dan percayalah kepada Yesus sebagai Juruselamat dan Tuhan.
2. Paulus ikut diselamatkan sekalipun ia yang paling berdosa (ay. 13a). Paulus dahulu adalah seorang penganiaya dan bahkan pembunuh orang kristen. Sekalipun Paulus jahat, ia tidak sampai menghujat Roh Kudus (bdk. Mat. 12: 31-32). Ia melakukan semua itu tanpa pengetahuan, atau di luar iman. Paulus mengatakan bahwa dirinya adalah orang yang paling berdosa. Menjadi pertanyaan buat kita apakah saudara menyadari bahwa diri saudara sangat berdosa?
3. Kalau Paulus bisa diselamatkan, kitapun bisa diselamatkan (ay. 16). Ini menunjukkan bahwa Paulus telah menjadi contoh bahwa orang yang sangat berdosapun bisa diselamatkan asal mau datang kepada Yesus. Jangan menganggap bahwa itu merupakan keadaan tanpa harapan. Kalau orang seperti Paulus bisa diselamatkan, maka saudara juga bisa, asal saudara mau datang kepada Yesus. Maukah saudara datang kepada Yesus?
4. Orang yang sudah diselamatkan. Paulus yang sudah diselamatkan ternyata berubah! Dan ia berubah ke arah yang positif! Dari mana kita melihat hal itu? Sekarang ada iman dan kasih (ay. 14b), Paulus melayani Tuhan (bdk. Gal. 1: 23) dan ia bahkan bersyukur karena pelayanan yang dipercayakan kepadanya.

Maukah saudara merayakan Natal tahun ini dengan berjanji untuk melakukan pelayanan bagi Tuhan? Kalau saudara adalah orang yang belum diselamatkan, datanglah kepada Tuhan Yesus saat ini juga. Kalau saudara sudah diselamatkan, berubahlah, atau makin berubahlah, supaya hidup dan pelayanan saudara bisa lebih menyenangkan dan lebih memuliakan Tuhan. Amin

By: Pdt. Budi Asali - Minggu, 26 Desember ‘10