KOTBAH

TUHAN MEMIHAK KEPADA KITA
(Daniel 6:1-26)

Raja Darius, orang Media, mengangkat 120 orang sebagai wakil-wakilnya yang akan mengurus segala keperluan kerajaannya. Selain itu ia juga mengangkat tiga penjabat tinggi yang mengepalai 120 orang tersebut. Tiga pejabat tinggi tersebut, salah satunya adalah Daniel. Tiga hal yang dapat kita pelajari melalui kehidupan Daniel, yaitu:

1. Memiliki roh yang luar biasa (ay. 4).
Orang yang mempunyai roh yang luar biasa memiliki kualitas hidup yang berbeda dengan yang lain. Bahkan memiliki nilai plus yang dapat membuat seseorang ingin mempercayakan tanggungjawab yang lebih besar kepada orang tersebut.

2. Bisa menjaga diri (ay. 5).
Daniel merupakan seorang yang bisa menjaga dirinya. Bukan hanya jaga penampilan luarnya saja, melainkan juga menjaga kehidupannya. Seseorang yang bisa menjaga dirinya dapat dilihat dari perkataannya, sikap dan tindakannya maupun dari reaksi yang diberikannya pada sat menghadapi masalah.

3. Membangun habitat rohani (ay. 11).
Daniel membangun kebiasaan untuk berdoa 3x sehari. Membangun habitat rohani akan memberikan ruang bagi Allah untuk dapat bekerja di dalam kehidupan kita.

Orang yang memiliki ketiga hal tersebut akan menghadapi resiko tinggi dalam kehidupannya. Banyak orang yang akan menjadi iri dan tidak suka kepadanya dan ia akan selalu berhadapan dengan hukum manusia yang logis yang tidak dapat terbantahkan. Contoh: Daniel yang harus masuk ke gua singa. Tetapi Tuhan memiliki rencana dan tujuan secara umum dan khusus melalui masalah yang dihadapi Daniel. Tujuan secara umum adalah supaya ada pengakuan dan pengenalan akan Tuhan yang benar (ay. 27). Dan secara khusus adalah musuh Daniel dikalahkan (ay. 22-25) dan jabatannya dikokohkan (ay. 29).

Agar Tuhan memihak kita kuncinya ialah milikilah roh yang luar biasa, jaga diri kita dan bangun habitat rohani. Maka apa pun masalah yang kita hadapi, percayalah bahwa Tuhan pasti akan selalu memihak kita dan memberikan pertolongan bagi kita tepat pada waktunya. Amin

. By: Pdt. Irvino Panky - Minggu, 24 Mei 2009