KOTBAH

PENTINGNYA ALKITAB
(2 TIMOTIUS 3:15-17)
Iblis dapat menggunakan firman sebagai sarana untuk membuat manusia jatuh dalam dosa. Dalam Kejadian 3:1, Iblis menjatuhkan manusia pertama dengan memutarbalikkan firman (bdk. Kejadian 2:16). Karena itu bila kita tidak benar-benar menguasai Firman Tuhan, kita bisa dengan mudah tertipu. Terkadang kita juga suka menambah-nambahi firman, seperti yang dilakukan Hawa. Dalam Kejadian 3:3, Hawa menanggapi perkataan ular dengan firman namun ia menambahkan kata “raba” - yang sebenarnya tidak ada pada firman Allah dalam Kejadian 2:17.
Begitu banyak ajaran palsu dan hal-hal yang diputarbalikkan saat ini, karena itu kita perlu mempelajari Alkitab dengan benar. Alkitab sangat penting bagi orang percaya. Mengapa? 2 Timotius 3:15-17 merupakan jawabannya.
1. Alkitab itu suci (ayat 15), karena hanya Alkitab yang dikhususkan untuk menyatakan isi hati Tuhan. Bila kita hanya menyimpannya dengan rapi tanpa pernah dibaca maka kita mengabaikan isi hati Allah.
2. Alkitab itu menuntun kita pada keselamatan (ayat 15). Alkitab tidak menyelamatkan kita, namun dari Alkitab kita tahu bahwa keselamatan itu berasal dari Yesus. Jika kita tidak pernah membaca Alkitab, mungkin kita tidak pernah tahu tentang keselamatan.
3. Alkitab itu benar dan dapat dipercaya (ayat 16). Alkitab diilhamkan Allah dan Ia berada di balik semuanya. Alkitab ditulis dari berbagai penulis dalam zaman yang berlainan, namun ada benang merah yang menghubungkan antara satu kitab dengan kitab lainnya, yaitu semuanya bercerita tentang Tuhan.
4. Alkitab itu bermanfaat (ayat 16) untuk mengajar kita tentang kebenaran, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan, dan mendidik agar kita tetap dalam kebenaran.
5. Alkitab memperlengkapi kita untuk berbuat baik (ayat 17). Kita diperlengkapi untuk melayani dan berbuat baik. Sebab hanya orang-orang yang memahami kehendak Bapalah yang akan masuk dalam kerajaan surga (Matius 7:21-23). Amin.

By. Bp. Andri Wisnu - Minggu, 27 April 2008