RH SENIN, 6 Oktober 2008

Bacaan Setahun: Est. 9,10; Luk. 19
MASALAH CITRA DIRI (1 Korintus 15:1-10)


Mereka yang memahami kelebihan dan kelemahan dirinya dengan baik akan lebih mampu menerima diri mereka sebagaimana adanya dan mengerjakan lebih banyak hal dalam hidupnya. Mereka dapat mengidentifikasi diri dengan berkata, "Saya hanyalah orang biasa, tetapi saya adalah seseorang. Saya tidak dapat melakukan segala hal, tetapi saya dapat melakukan sesuatu."

Rasul Paulus menyadari kekurangannya, tetapi ia menerima kemampuan yang diberikan Allah dan menggunakannya untuk keuntungan yang kekal. Paulus menyadari kelemahannya yang manusiawi ketika memuji efektivitas kasih karunia Allah. Ia tahu bahwa ia sanggup melayani Allah karena ia telah diampuni. Mempercayai Yesus sebagai Juruselamat dan Tuhan, dan jujur terhadap diri sendiri, akan memampukan kita untuk berkata, "karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang." Sikap ini merupakan pencerminan dari penerimaan diri yang dewasa.