ARTIKEL

DENGARKANLAH DIA!


Ada banyak berita yang masuk ke dalam pikiran kita. Berita tentang harga-harga saham yang anjlok, harga dollar yang terus meningkat, order-order dikurangi, cash flow sedang macet, debitor susah membayar hutang, kredit macet, banyak anak-anak yang tidak bisa sekolah karena biaya sekolah mahal, buku-buku mahal, tingkat stress meningkat, depresi meningkat, rumah sakit penuh, orang-orang mulai mencari para psikolog dan konselor, rumah-rumah tangga terkena dampaknya, dan banyak lagi efek-efek yang lain. Dari semua yang saya sebutkan di atas, mana yang paling sedang anda dengarkan saat ini atau hari-hari ini ? Mana yang sedang anda alami ? Dan bagaimana keputusan anda hari ini ? Apakah anda akan melarutkan diri anda ke dalam semuanya dan membiarkan diri anda hanyut ke dalamnya? Atau anda mau mengambil keputusan untuk berdiri tegap dan keluar dari semua permasalahan itu dengan satu tekad bahwa anda hanya mau mendengar suara Tuhan saja? Saya harap hari ini anda akan memilih yang terakhir ini. Dan itulah nasehat yang saya dengar hari ini dari Tuhan.

Tahukah anda, ketika anda memutuskan untuk ikut Tuhan? itu artinya anda juga mendapatkan satu paket keamanan tingkat tinggi dari Dia sendiri. Selalu ada KOPASUS (Komando Pasukan Yesus) yang senantiasa akan menjaga kita. Bahkan ketika seakan-akan ada badai yang menyerang, anda tidak perlu takut dan panik, karena KOPASUS itu akan ada di samping kita dan siap menghardik badai itu, asalkan saja kita percaya kepadaNya. Itulah fasilitas lain yang kita miliki ketika kita ikut Tuhan. Daud adalah satu contoh pribadi yang luar biasa. Ketika dia menghadapi banyak masalah, yang dia dengar hanyalah suara Tuhannya. Dia tidak pernah mencarinya pada manusia, tapi dia selalu datang pada Tuhan dan bertanya kepadaNya. Dengan kepekaan yang dia miliki, dia bisa mendapatkan jawaban demi jawaban dari Tuhan. Sehingga ketika Tuhan memberikan jawabannya melalui bunyi-bunyian di antara pohon kertau itu, Daud dapat mendengarnya, dan dengan taat dia melakukan apa yang diperintahkan Tuhan kepadanya. “Dan Daud berbuat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, maka mereka memukul kalah tentara orang Filistin, mulai dari Gibeon sampai Gezer. Lalu termasyhurlah nama Daud di segala negeri, dan Tuhan mendatangkan rasa takut kepadanya atas segala bangsa.” (I Tawarikh 14 : 16-17)

Ketika kita taat kepada Tuhan, selalu ada upah yang menyertainya. Coba lihat apa yang Tuhan berikan kepada Daud. Dia taat dengan perintah Tuhan, maka dia diberikan kemasyhyuran dan kemenangan atas setiap pertempuran. Itu juga Tuhan sediakan buat kita yang hari ini mau mendengarkan suara Dia. Ada upah yang Tuhan sediakan untuk kita, sesuai dengan apa yang kita perlukan. Dia adalah Allah yang senantiasa memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Jadi, mengapa harus mendengarkan berita yang buruk? Cobalah untuk membuka telingamu hari ini, belajar peka dengan suaraNya. Bisa jadi anda sedang menghadapi masalah yang sangat berat, dan anda benar-benar tidak tahu bagaimana mengatasinya. Tapi Dia tahu dan Dia perduli dengan kebutuhan anda, maka datanglah kepadaNya dan ceritakan semua yang anda perlukan, dan ‘dengarkan’ apa yang mau Dia katakan pada anda hari ini. Dan ketika anda ‘mendengar bunyi derap langkah di pohon kertau itu’, maka itu artinya Allah sedang memulai satu pertempuran bagi anda, menghalau semua musuh anda, dan menghardik mereka dengan kuat dan kuasaNya yang gagah itu. Jadi, apa lagi yang anda tunggu hari ini ? Masuk ke dalam hadiratNya dan dengarkan panggilanNya untuk anda. Alami mukjizat-Nya hari ini.


Jika kita hanya terlambat menikah, terlambat punya anak, terlambat punya karir bagus, itu bukanlah masalah. Yang akan menjadi masalah adalah ketika kita terlambat membangun hubungan yang harmonis dengan Tuhan.


Perjalanan hidup ini adalah sebuah proses pembelajaran yang tidak berhenti. Sebuah sekolah kehidupan yang berlangsung terus menerus hingga kematian menjemput.


Kepastian keselamatan bahwa kita akan diterima Tuhan di dalam KerajaanNya, diakui sebagai sahabat dan dikenal Tuhan, bukanlah sekedar keyakinan dalam hati. Kepastian keselamatan adalah penghayatan hidup dari seorang yang benar-benar mengalami Tuhan.