KHOTBAH

ALLAH PEMBUAT TEROBOSAN
(1 Tawarikh 14:8-12)


Sebelum Daud diurapi menjadi raja, ia mengenal Allah sebagai gembala yang baik. Pada saat Daud melawan orang Filistin, Daud menyadari bahwa Allah ternyata bukan hanya gembala dan penolong saja melainkan juga Allah pembuat terobosan (ay. 11). Daud memperoleh kemenangan setelah Allah membuat terobosan baginya. Baal Perasim artinya Allah yang ahli membuat terobosan. Mikha 2:13 mengajarkan kepada kita bahwa Tuhan sendiri yang akan berjalan di depan kita dan menjadi penerobos bagi jalan kita. Seringkali kita berusaha memperoleh berkat-berkat yang Tuhan janjikan bagi kita, tetapi yang terjadi kita sangat susah dalam mencapainya. Hal ini disebabkan karena Iblis memblokade berkat-berkat tersebut bagi kita. Kita dapat menerobos blokade dari Iblis apabila kita bersama Tuhan. Tiga hal yang dapat kita lakukan untuk mendapat penerobosan dari Tuhan, yaitu:

1. Dengan berdoa maka akan terjadi terobosan. Pada saat Daud dikepung oleh orang-orang Filistin, ia mencari Tuhan dan berdoa. Hal inilah yang membuat Daud mengalami terobosan yang besar yang membawa dia kepada kemenangan. Doa dapat mendobrak semua benteng Iblis. Pada saat kita berseru kepada Tuhan, maka Ia akan menjawab dan memberitahukan hal-hal besar yang tidak kita ketahui (Yer. 33:3). Tuhan tidak pernah berdusta, Ia pasti akan menggenapi firman-Nya. Doa dapat membuat kita terus maju dalam menghadapi blokade Iblis, karena Allah sendirilah yang akan membuat terobosan bagi kita. Elia adalah manusia biasa. Tetapi yang membuat ia menjadi luar biasa ialah pada saat ia berdoa sampai sorga bereaksi.

2. Dengan pujian dan penyembahan akan terjadi terobosan (Yes. 42: 10-13). Pada saat Tuhan kita sukakan melalui pujian dan penyembahan kita, maka Tuhan akan melakukan terobosan bagi kita. Tuhanlah yang akan berperang bagi kita. Tembok Yerikho dapat runtuh karena adanya pujian dan penyembahan.

3. Kalau Tuhan berbicara maka kita harus lakukan (ay. 10,11,13-17). Ketika Daud mendengar firman Tuhan, ia lakukan. Hal inilah yang membuat Daud mengalami kemenangan besar. Pada saat kita mendengarkan firman Tuhan segera lakukan maka kita akan melihat hasilnya, kemenangan yang besar akan kita peroleh. Lakukan semua firman-Nya dan percayailah janji-janji-Nya.

Terobosan yang besar dalam hidup kita dapat terjadi apabila kita selalu bersama Tuhan. Tuhan kita adalah Baal Perasim (Allah ahli pembuat teobosan). Apapun keadaan kita saat ini, percayalah bahwa Allah sanggup membuat terobosan yang dapat membawa kita kepada kemenangan yang besar. Amin


By: Pdt. Henoch Wilianto H.- Minggu, 04 Januari 2009