RH JUMAT, 16 JAN 2009

Bacaan Setahun: Kej. 39-41; Luk. 16
PILIH KASIH? (Yakobus 2:1-9)

Beberapa tahun yang lalu, ketika ayah saya Dr. M.R. De Haan masih menjadi pimpinan Radio Bible Class, seorang hamba Tuhan yang cukup terkenal berkunjung ke kantor kami. Pada mulanya saya mengagumi tamu terkenal ini. Namun tak berapa lama kemudian, kesan saya berubah terhadapnya setelah mendengarkan ia berbicara tentang dirinya sendiri. Ketika ayah saya bertanya kepadanya tentang pengkhotbah lain yang sekota dengannya, dengan nada mencemooh ia menyebut mereka sebagai yang hidup "di luar lingkaran." Saya tidak dapat melupakan peristiwa tersebut.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita tertarik dengan hal-hal yang di "dalam" sama seperti kita tertarik pada hal-hal yang di "luar"? Apakah kita menghargai para pemimpin kita yang berasal dari kalangan yang lebih rendah dengan cara yang sama seperti kita menghargai mereka yang lebih kaya dan memiliki martabat yang tinggi? Orang Kristen tidak boleh mengabaikan siapa pun. Allah tidak menghendaki kita memandang muka, mengkultuskan yang satu dan merendahkan yang lain. Apakah ucapan selamat datang di gereja kita disampaikan kepada siapa saja tanpa kecuali?