KOTBAH

Tiga Peran dalam KPR 1: 8
(Kisah Para Rasul 1: 8)

Menjelang akhir tahun, biasanya setiap perusahaan akan tutup buku dan mengevaluasi apa yang telah didapat selama 1 tahun yang telah berlalu. Demikian pula halnya setiap kita perlu mengevaluasi kehidupan kita di akhir tahun ini. Kata-kata dalam KPR 1: 8 ini sangatlah luar biasa, ada tiga peran yang masuk dalam ayat ini, yaitu:

1. Kata “kamu” adalah tujuan ayat ini disampaikan. Ayat ini ditujukan kepada para murid. Sebelas dari murid Yesus berasal dari daerah Galilea. Daerah Galilea termasuk daerah terpencil atau desa. Kehidupan orang Galilea pun sederhana dan miskin. Perintah untuk menjadi saksi ini sangat luar biasa, karena ditujukan kepada orang yang berasal dari desa (udik) dan miskin. Selain itu kesebelas murid Yesus juga merupakan orang-orang yang gagal. Hal ini dapat terlihat dari berbagai peristiwa, antara lain mereka ketakutan pada saat melihat Yesus berjalan di atas air dan menyangka Yesus adalah hantu, ada pula yang menyangkal Yesus, ada yang tidak percaya bahwa Yesus bangkit, dsb. Sebenarnya para murid ini tidak masuk kualifikasi untuk dapat meneruskan pelayanan Yesus. Tetapi kata-kata menjadi saksi ini ditujukan kepada mereka.

2. Peran kedua, ialah Yesus yang telah menyampaikan pesan ini. Seorang leader/pemimpin yang baik dapat melihat kemampuan yang ada dalam pribadi yang dipimpinnya dan melihat jauh ke depan. Yesus tidak pernah salah dalam memilih. Serahkan hidupmu kepada-Nya, maka Ia akan membuat hidupmu berarti bagi-Nya. Sebab Ia tahu apa yang ada pada kita dan Ia tahu bagaimana masa depan kita.

3. Peran yang ketiga ialah Roh Kudus. Pada saat Roh Kudus turun atas kita maka tidak ada yang mustahil bagi kita yang percaya kepada-Nya (Luk. 1: 37; Mark. 9: 23; Rm. 8: 11). Bersama Roh Kudus maka kita mampu melakukan banyak perkara yang luar biasa, seperti para rasul yang melayani dengan penuh kuasa setelah Roh Kudus turun atas hidup mereka.

Mari kita masuki tahun 2010 dengan paradigma yang baru bahwa apa pun yang akan kita hadapi, kita akan berhasil karena Roh Kudus akan memimpin kita. Amin

Pdt. Yonathan S. - Minggu, 27 Des ‘09