Ringkasan Khotbah 02 Mei 2010


Keputusan
(Matius 14: 22-32)

Dari pengalaman Petrus berjalan di atas air, apa saja yang harus dimiliki atau dialami seseorang supaya mengalami mujizat? Keajaiban atau mujizat dapat terjadi ketika seseorang memiliki:
1. Mimpi (ay. 28). Orang-orang yang sukses dimulai dari sebuah mimpi. Penting memiliki sebuah mimpi dalam kehidupan kita. Bermimpilah untuk perkara-perkara yang besar. Punyailah keinginan untuk mendapatkan perkara-perkara yang besar dalam hidupmu. Orang yang tidak pernah bermimpi tidak pernah tahu mau jadi apa kelak. Allah berfirman kepada Abraham, sejauh matamu memandang, sejauh itu tanah itu menjadi milikmu! Mimpi kita sangat menentukan apa yang akan kita capai dan raih dalam hidup kita. Allah mau memberikan itu kepada kita.

2. Keputusan (ay. 29). Mimpi harus ditindak lanjuti dengan sebuah keputusan untuk bertindak. Setiap keputusan tentu ada resikonya. Tetapi apabila setiap langkah dituntun oleh Tuhan kita akan menuju keberhasilan. Keputusan-keputusan masa lalu menyebabkan keadaan kita hari ini. Keputusan-keputusan kita hari ini akan menentukan masa depan kita.

Menurut survei Thomas J. Stanley dalam bukunya The Millionaire Mind, ada 10 gaya hidup yang dimiliki oleh orang kaya yang berbahagia, yaitu: hemat; setia dengan pasangannya; hidup di bawah income; disiplin; mendapat dukungan dari istri; integritas; cara berpikir yang berbeda dari kebanyakan orang; lolos dari problem baik di pekerjaan, keluarga maupun kesehatan; religius atau rohani; mentor atau pembimbing mereka adalah Tuhan.

3. Mengalami kesulitan-kesulitan (ay. 30). Semakin besar mimpi seseorang, semakin besar kesukaran atau kesulitan yang harus dihadapi. Kalau kita tidak menyerah dengan kesukaran maka Tuhan pasti akan membuat kita berhasil.

4. Pertolongan datang jam 3 malam (ay. 23 dan 25). Seringkali dalam hidup ini sebelum pertolongan datang, kita mengalami waktu sendirian. Kita harus belajar menunggu.

5. Kelepasan dari Tuhan pasti datang pada waktunya (ay. 31). Tuhan menolong tepat pada waktunya, ketika kesulitan dan kesukaran datang dalam hidup kita. Kalau kita punya masalah, janganlah ragu untuk menelpon Tuhan di 333 (Yeremia 33: 3).

Apabila kita ingin mengalami mujizat dalam hidup ini, milikilah kelima hal di atas dan percayalah bahwa Ia tidak akan membiarkan kita berjalan sendiri. Amin

By: Pdt. Henoch Wilianto - 02 Mei 2010