Ringkasan Khotbah 09 Mei 2010

Masalah, Tujuan dan Cara Menyingkapinya
(Yohanes 11: 1-44)

Masalah dapat datang kepada semua orang tanpa terkecuali. Pada setiap masalah yang kita hadapi, kita akan dapat tenang apabila kita tahu cara menyingkapinya. Bahkan kita akan memperoleh kemenangan dari setiap masalah kita. Mazmur 34: 20 menuliskan bahwa kemalangan orang benar banyak, tetapi Tuhanlah yang akan meluputkannya. Masalah dapat membunuh orang fasik, tetapi bagi orang benar - setiap masalah ada jalan keluarnya.

Tujuan Allah mengijinkan masalah, persoalan, pencobaan datang kepada kita, adalah:
1. Agar mujizat terjadi atas hidup kita. Allah dapat memberikan mujizat-Nya atau pun pertolongan-Nya apabila kita menghadapi masalah, persoalan dan pencobaan.Rata Penuh
2. Masalah terjadi untuk sarana proses belajar-mengajar. Melalui masalah Tuhan hendak mengajarkan banyak hal dalam hidup kita. Apa pun yang perlu berubah dalam hidup kita, maka Tuhan akan ijinkan masalah terjadi untuk mengubahnya.
3. Membawa kita untuk meningkat dari kemuliaan kepada kemuliaan selanjutnya sampai kita mencapai kesempurnaan.

Cara menyingkapi masalah, ialah:
1. Jangan pernah katakan Yesus terlambat. Allah bisa lambat tetapi Allah tidak pernah terlambat.
2. Jangan katakan Yesus tidak peduli. Tuhan akan selalu mempedulikan keadaan kita, apa pun yang sedang kita hadapi. Jadi pupuk kepercayaan kita kepada Tuhan.
3. Cabut kata-kata tidak mungkin atau mustahil dari perkataan kita. Karena kata-kata ini melecehkan Allah kita.

Masalah boleh datang tetapi apabila kita tahu tujuan Allah mengijinkan masalah itu kita hadapi dan kita pun menyingkapinya dengan benar, maka kita akan memperoleh kemenangan atas setiap masalah kita. Amin

By: Pdt. Edyanto Darmadji - Minggu, 09 Mei ‘10