Ringkasan Khotbah 28 Maret '10

Penyertaan Tuhan
Sumber Kekuatan Kita
(Keluaran 13: 20-22; Keluaran 15: 22-27)

Banyak orang Kristen yang menghadapi masalah dan bergumul dengan masalah dalam kehidupannya. Sebagian besar dari orang-orang yang sedang bergumul dengan masalah akan bertanya-tanya mengenai penyertaan Tuhan. Seringkali orang tidak mengerti mengenai arti penyertaan Tuhan dan menjadi kecewa tatkala masalah yang dihadapi tidak kunjung selesai. Kita harus memahami arti penyertaan Tuhan dalam hidup ini. Arti penyertaan Tuhan, ialah:

1. Penyertaan Tuhan bukan berarti Tuhan menjamin hidup kita bebas dari masalah. Kita harus memahami apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita. Sesungguhnya Tuhan ijinkan masalah terjadi dalam hidup seseorang dengan tujuan untuk mempelebar kapasitas orang tersebut. Hantaman atau masalah atau persoalan itu penting bagi kita untuk memproses hidup kita agar dapat sesuai dengan kehendak-Nya.
2. Penyertaan Tuhan bukan menjamin kehidupan kita berkecukupan senantiasa. Kita tidak dapat mengukur penyertaan Tuhan dari segala berkat yang kita peroleh dan miliki dalam kehidupan ini. Kadangkala Tuhan ijinkan kita bergumul secara materi dengan tujuan agar kita bergantung kepada Tuhan, memiliki kesabaran dan semakin berhikmat dalam menjalani hidup ini.
3. Penyertaan Tuhan berarti Tuhan hadir dan menyertai kehidupan umat-Nya. Kekayaan dan harta tidak akan dapat menolong seseorang dalam menghadapi masalah. Yang dapat menolong ialah iman kita. Dengan iman seseorang dapat menjadi kuat dan memiliki pengharapan pada saat menghadapi masalah. Tuhan hadir dalam hidup umat-Nya melalui Firman-Nya yaitu alkitab.
4. Penyertaan Tuhan berarti Tuhan tidak akan menuntun umat-Nya di jalan yang salah. Pada saat kita melangkah dalam kehidupan ini mungkin kita akan jumpai onak dan duri, tanjakan ataupun padang yang gersang, tetapi jangan menyerah karena di ujung perjalanan kita Tuhan sediakan padang rumput yang indah.

Apa pun persoalan yang kita hadapi kini, jangan pernah menyerah dan mempertanyakan penyertaan Tuhan. Tuhan akan selalu menyertai kita apa pun yang kita hadapi. Berkat Tuhan tersedia di depan setiap hal yang mungkin tidak menyenangkan bagi kita. Penyertaan Tuhan sumber kekuatan kita. Amin

By: Pdt. Johny Takarbessy - Minggu, 28 Maret ‘10