KOTBAH

J E R A T
(Mazmur 91:1-4)


Alkitab menyatakan kepada kita bahwa di luar kepak Tuhan ada berbagai macam jerat yang menanti kita. Pengertian dalam kepak Tuhan ialah dalam perlindungan Tuhan. Selama kita berada dekat dalam jangkauan Tuhan maka kita akan selalu mendapat perlindungan Tuhan. Pemazmur menyatakan bahwa selama kita benar di mata Tuhan, kita akan mendapat perlindungan dari Tuhan. Jerat bukan sesuatu yang menantang dan berada jauh dari kita, melainkan jerat berada dekat dengan kita. Tiga macam jerat yang menanti kita, yaitu:

1. Keinginan
Ada 3 hal yang dapat menggoda keinginan kita, yaitu: harta, wanita/pria dan takhta. Keinginan itu boleh ada dalam kehidupan kita, tetapi sebelum kita melaksanakannya serahkan kepada Tuhan (Ams. 16: 3). Doa pun dapat menjadi jerat bagi kita. Seringkali pada saat kita berdoa, kita meminta kepada Tuhan segala sesuatu yang memuaskan hawa nafsu kita. Jerat itu adalah keinginan dari apa yang kita pikirkan.

2. Rutinitas
Segala sesuatu yang kita lakukan secara rutin dapat membuat kita menjadi bosan. Kebosanan ataupun kejenuhan dapat terjadi apabila seseorang mulai tidak mengerti tujuan dari apa yang dikerjakannya. Bosan atau jenuh merupakan indikator sebuah rutinitas. Hal ini dapat menjadi jerat bagi seseorang.

3. Kebiasaan
Hati-hati dengan apa yang kita pikirkan karena itu akan mempengaruhi tindakan kita. Hati-hati dengan tindakan kita karena itu akan mempengaruhi masa depan kita. Jangan memikirkan hal-hal yang buruk karena itu akan mempengaruhi kebiasaan kita. Kebiasaan yang kita lakukan akan dapat menjadi jerat bagi kita. Salah satu contohnya, ialah Lot.

Serahkanlah segala keinginan kita kepada Tuhan, hindarilah mengerjakan sesuatu hanya sekedar rutinitas dan jangan biarkan kebiasaan yang buruk mengikat kita, maka kita tidak akan masuk dalam jerat. Amin Wilianto
. By: Pdt. Vivid Erawadi - Minggu, 10 Mei 2009