RH SELASA, 05 MEI 2009

Bacaan Setahun: 2 Sam. 10; 1 Taw. 20; Mzm. 20; Mat. 22
HUMOR YANG BERMANFAAT (Amsal 26:13-19)

Humor dapat menyakitkan dan kejam, tetapi juga dapat tampil baik dan bermanfaat. Saya sering menggunakannya dalam khotbah atau pertemuan untuk menjelaskan suatu pokok pembahasan atau untuk menghilangkan ketegangan. Saya juga mendapatkan keuntungan darinya tatkala humor itu menunjukkan kesalahan-kesalahan saya.

Allah memberi kita karunia humor dan kemampuan untuk tertawa. Saya percaya Yesus memancarkan sinar dari mata-Nya ketika Dia berkata bahwa seseorang seharusnya mengeluarkan balok dari matanya sebelum mencoba mengeluarkan selumbar dari mata orang lain. Saya dapat membayangkan para pendengar-Nya tersenyum dan mendengar mereka tertawa kecil. Namun saya yakin mereka juga dapat menangkap maksud yang ingin disampaikan-Nya, dan sebagian di antara mereka bertekad untuk mengubah sikap yang menghakimi tersebut. Berusahalah menggunakan humor untuk menolong sesama bukan untuk menyakiti.